20 Istilah SEO Yang Perlu Kita Ketahui

seoBanyak diantara kita [termasuk saya] tidak mengetahui secara pasti arti dari beberapa istilah yang ada dalam penerapan SEO. Jadi pada artikel ini, saya hanya ingin sedikit share definisi pasti dari istilah-istilah yang selama ini kita dengar.

  • SEM : Singkatan dari Search Engine Marketing, dan seperti namanya melibatkan jasa pemasaran atau produk melalui mesin pencari. SEM dibagi menjadi dua pilar utama: SEO dan PPC. SEO singkatan dari Search Engine Optimization, dan merupakan praktek mengoptimalkan situs web untuk membuat halaman mereka muncul dalam hasil pencarian organik. PPC singkatan dari Pay-Per Click-, dan itu adalah praktek pembelian klik dari search engine. Klik yang berasal dari daftar disponsori dalam hasil pencarian.
  • Backlink : biasa di sebut Inlink atau hanya link, itu adalah hyperlink pada blog atau website lain memberitahukan keberadaan situs blog Anda sendiri. Backlinks penting untuk SEO karena mempengaruhi langsung PageRank dari halaman web, mempengaruhi peringkat pencarian.
  • PageRank : PageRank adalah sebuah algoritma yang digunakan Google untuk memperkirakan relatif penting dari halaman di seluruh blog Anda. Ide dasar dibalik algoritma ini adalah fakta bahwa link dari halaman A ke halaman B dapat dilihat sebagai suara kepercayaan dari halaman A ke halaman B.Semakin tinggi Jumlah link menuju sebuah halaman, maka semakin tinggi kemungkinan bahwa halaman tersebut penting.
  • Linkbait : linkbait adalah bagian dari konten blog yang dipublikasikan di situs web atau blog dengan tujuan untuk menarik sebagai backlink sebanyak mungkin (dalam rangka untuk meningkatkan peringkat pencarian seseorang). Biasanya itu berupa artikel, tetapi juga bisa menjadi video, gambar, kuis atau apapun. Sebuah contoh klasik dari linkbait adalah “Top 10″ daftar yang cenderung menjadi populer di situs jejaring sosial.
  • Link farm : Sebuah link farm adalah sekelompok website atau blog di mana setiap website link ke setiap website lain, dengan tujuan artifisial meningkatkan PageRank dari semua kelompok tersebut. Praktek ini berlaku efektif pada hari-hari awal search engine, tetapi hari ini mereka melihat sebagai suatu teknik spam.
  • Anchor text : Anchor text dari backlink adalah teks yang dapat diklik pada halaman web. Setelah kata kunci, anchor text bagus untuk SEO karena Google akan mengaitkan kata kunci dengan konten website atau blog Anda. Jika Anda memiliki blog dengan topik “SEO”, maka akan membantu peringkat pencarian Anda jika beberapa link balik Anda memakai “SEO” sebagai anchor text mereka.
  • Nofollow : Nofollow adalah link atribut yang digunakan oleh pemilik website untuk sinyal ke Google bahwa mereka tidak mendukung situs web mereka untuk terhubung. Hal ini dapat terjadi baik ketika link dibuat oleh pengguna sendiri (misalnya, komentar blog), atau ketika link itu dibayar (misalnya, sponsor dan pengiklan). Bila Google melihat atribut nofollow pada dasarnya tidak akan menghitung bahwa link untuk PageRank dan algoritma pencarian.
  • Link Pahat : Dengan menggunakan atribut nofollow strategis webmaster mampu menyalurkan aliran PageRank dalam situs web mereka, sehingga meningkatkan peringkat pencarian halaman yang diinginkan. Praktek ini tidak lagi efektif karena Google baru-baru ini mengubah cara menangani atribut nofollow.
  • Title Tag : Title tag atau judul tag secara harfiah adalah judul sebuah halaman web, dan itu salah satu faktor paling penting dalam algoritma pencarian Google. Idealnya title tag Anda harus unik dan mengandung kata kunci halaman utama blog Anda. Anda dapat melihat tag judul dari setiap halaman web di atas browser sewaktu melakukan navigasi.
  • Meta Tags : Seperti judul tag, meta tag digunakan untuk memberikan search engine informasi lebih lanjut mengenai isi dari halaman Anda. Tag-tag meta ditempatkan di dalam bagian HEAD dari kode HTML blog Anda, dan dengan demikian tidak terlihat oleh pengunjung manusia.
  • Algoritma Search Engine : Algoritma Search Engine Google digunakan untuk mencari halaman web yang paling relevan untuk setiap permintaan pencarian. Algoritma ini mempertimbangkan lebih dari 200 faktor (menurut Google itu sendiri), termasuk nilai PageRank, tag judul, tag meta, isi website, umur domain dan sebagainya.
  • SERP : Singkatan Search Engine Results Page. Ini pada dasarnya halaman yang Anda akan dapatkan ketika Anda mencari kata kunci tertentu di Google atau search engine lainnya. Jumlah lalu lintas pencari situs Web Anda akan tergantung pada peringkat yang kita miliki di dalam SERPs.
  • Sandbox : Google pada dasarnya memiliki indeks yang terpisah, Sandbox, dimana tempat semua situs web yang baru ditemukan. Ketika website berada di Sandbox, mereka tidak akan muncul dalam hasil pencarian untuk permintaan pencarian yang normal. Setelah Google memverifikasi bahwa website ini sah, maka blog kita akan bergerak keluar dari Sandbox ke dalam indeks utama.
  • Keyword Density : Untuk mencari keyword density dari setiap halaman tertentu Anda hanya perlu melihat berapa kali kata kunci digunakan dalam sebuah halaman. Kepadatan Kata kunci menjadi faktor penting SEO , karena algoritma awal menempatkan penekanan yang berat di atasnya. Sekarang tidak berlaku lagi.
  • Keyword Stuffing : Sejak kepadatan kata kunci merupakan faktor penting pada algoritma awal search engine, webmaster mulai permainan sistem dengan artifisial menggembungkan kepadatan kata kunci di dalam situs blog mereka. Ini disebut isian kata kunci. Hari-hari ini praktek ini tidak akan membantu Anda, dan juga bisa membuat Anda dihukum.
  • Cloaking : Teknik ini melibatkan membuat halaman web yang sama menampilkan konten yang berbeda ke mesin pencari dan pengunjung manusia. Tujuannya adalah untuk mendapatkan halaman peringkat untuk kata kunci tertentu, dan kemudian menggunakan lalu lintas masuk untuk mempromosikan produk atau jasa yang tidak terkait. Praktek ini sedang mempertimbangkan spamming dan dapat membuat Anda didenda (jika tidak dilarang) di search engine .
  • Web Crawler : Juga pencari yang disebut bot atau spider, ini adalah program komputer yang menelusuri web atas nama search engine, mencoba untuk menemukan link baru dan halaman baru. Ini adalah langkah pertama pada proses indeksasi.
  • Duplikat konten : Duplikat konten umumnya mengacu ke blok substantif konten dalam atau di domain yang baik benar-benar cocok dengan konten lainnya atau lumayan serupa. Anda harus menghindari duplikat konten di situs Web Anda karena dapat membuat Anda dihukum.
  • Canonical URL : Canonicalization adalah proses untuk mengkonversi data yang memiliki lebih dari satu representasi yang mungkin menjadi representasi “standar” kanonik. Sebuah URL kanonik, adalah URL standar untuk mengakses halaman tertentu dalam situs blog Anda. Sebagai contoh, versi kanonik dari domain Anda mungkin http://www.domain.com bukan http://domain.com.
  • Robots.txt : Ini tidak lebih dari sebuah file, yang ditempatkan di root domain, yang digunakan untuk menginformasikan bot pencarian tentang struktur situs web. Sebagai contoh, melalui file robots.txt sangat memungkinkan untuk memblokir pencarian spesifik robot dan untuk membatasi akses ke folder tertentu dari bagian dalam website atau blog.