Aktualisasi Pancasila Paradigma Kehidupan Bermasyarakat

kumpulan makalahDownload Makalah Aktualisasi Pancasila Paradigma Kehidupan Bermasyarakat – Pengertian pancasila sebagai dasar negara di peroleh dari alinea ke-4 UUD 1945dan sebagaimana tertuang dalam memorandum DPR-GR 9 Juni 1966 yang mendasarkan pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yang telah dimurnikan dan dipadatkan oleh PPKI atas nama rakyat Indonesia menjadi dasar negara RI. Ketetapan MPR No. IX / MPR/1978 yang menegaskan kedudukan pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum atau tertib hukum di Indonesia.

Inilah sifat dasar pancasila yang pertama dan utama, yakni sebagai dasar negara RI. pAancasila yang terkandung dalam alinea ke-4 pembukaan UUD 1945 tersebut di tetapkan sebagai dasar nagara pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh PPKI yang dapat dianggap sebagai penjelmaan kehendak seluruh rakyat Indonesia yang merdeka.

Dengan syarat utama sebuah bangsa menurut Ernest Renan:kehendak untuk bersatu dan memmahami pancasila dari sejarahnya dapat diketahui bahwa pancasila merupakan sebuah kompromi dan konsensus nasional karena memuat nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh semua golongan dan lapisan masyarakat Indonesia. Namun pada kenyataannya pancasila sebagai dasar ideologi negara menjadi teraabaikan dan kurang bermakna dalam kehidupan bermasyarakat , berbangsa dan bernegara. Selengkapnya download disini Makalah Aktualisasi Pancasila Paradigma Kehidupan Bermasyarakat