Apa itu Blog Dofollow dan Nofollow ?

dofollow-blog-commenting-sites-listAttribut Dofollow dan Nofollow sangatlah berpengaruh dalam SEO dan bagi yang sedang mempelajari SEO wajib untuk mengetahuinya, attribut ini sangat membentu kita membedakan sebuah backlink yang berkualitas atau tidak yang dapat mempengaruhi halaman web kita.

Dofollow sendiri yang artinya memberikan perintah pada Crawler Search engine untuk melakukan penelusuran pada link tersebut dan memberikan efek peringkat pada link yang berkaitan.

Nofollow memiliki arti sebaliknya yang memberikan suatu perintah pada Crawler Search Engine untuk tidak memberikan peringkat atau kaitan pada link tersebut.

Untuk mengaktifkan fungsi attribut ini, untuk Dofollow biasanya memang sudah Default semua link menggunakan fungsi DoFollow. Sedangkan jika menginginkan NoFollow maka kita harus menambahkan kode Html rel=”nofollow” atau rel=”external nofollow” pada link website kita.

Tujuan dari Attribut NoFollow sendiri adalah sebagai cara untuk mengurangi spam dan akan membuat kualitas pencarian pada Search Engine dan mencegah Search Engine salah dalam mengindeks spam yang akan menduduki peringkat tertinggi pencarian.

Jadi intinya jika halaman blog kita yang kita buka komentarnya lebih baik di berikan attribut NoFollow untuk mengurangi penurunan peringkat bilamana banyak yang menaruh Komentar pada blog kita. Dan bagi rekan-rekan yang sedang mencari backlink sebaiknya cari blog yang beratribut DoFollow agar backlink yang ditanamkan dapat memberikan efek pada website atau blog kita.

Manfaat Blog Dofollow Bagi Komentator

Dengan Anda meninggalkan komentar yang baik dan berkualitas dan relevan (Tidak Spam) dengan apa yang di bahas pada tulisan blog tersebut, maka besar kemungkinan komentar Anda akan di setujui oleh si pemilik blog berbagi kreativitas, bahkan mungkin akan dikunjungi balik oleh si pemiliknya blog berbagi kreativitas, bahkan sampai follow blog anda, jelas itu akan menjadi traffic gratis untuk blog Anda. Kembali lagi ke masalah dofollow, dengan berkomentar yang baik dan akhirnya komentar anda di setujui oleh si pemilik maka blog Anda akan benar-benar terbantu untuk mendapat backlink gratis dan inilah yang bagus menurut google. Karena google akan mencatat bahwa blog tersebut memberikan backlink ke websie atau weblog anda. Seperti yang tadi saya jelaskan di atas.

Apa Manfaat Bagi Admin Blog Dofollow?

Bagi si pemilik website atau weblog keuntungannya sangat sedikit. Diantaranya hanya supaya setiap pengunjung mau berkomentar di blognya. Itu saja, dan justru di mata google blog dofollow akan sangat terpuruk di Page Rank-nya, karena terdapat banyak link yang mengarahkan ke luar, termasuk kepada yang memberikan komentar. Jadi manfaatnya untuk sipemilik blog dofollow hanya supaya “para pengunjung jadi mau berkomentar.” Tapi, bukan berarti blog dofollow itu pasti pageranknya rendah, banyak sekali blog dofollow yang pageranknya justru hampir sempurna. Dan itu pastinya di lakukan oleh para master SEO yang benar-benar sudah paham dengan hal-hal seperti ini.