Biografi Muhammad Abduh

Muhammad Abduh is an Egyptian jurist, religious scholar and liberal reformer, regarded as the founder of Islamic Modernism
Muhammad Abduh lahir pada tahun 1265H/1849M di sebuah desa Mahallah Nasr provinsi Gharbiyyah. Ayahnya berasal dari Turki yang bernama Akhsan Khairullah.

Dia menikah dengan seorang perempuan yang namanya Junaidah Uthman yang menurut sebagian riwayat berintisab dari keturunan bangsa Arab yang punya silsilah secara langsung mengerucut sampai pada keluarga sahabat Umar bin Khattab.
Pada tahun 1862 M, Muhammad Abduh belajar agama di masjid syekh Ahmad di Thanta berkat motivasi pamannya Syekh Darwis Khadar (penganut Thariqah Sadziliyah dan bermadzhab maliki). Pendidikan selanjutnya, di tempuh di universitas al-Azhar.Ketika di al-Azhar, ia memperoleh pengalaman sangat berkesan dari gurunya Syekh Hasan al-Thawil Dan Syekh Muhammad al- Basyuni. Selain itu, sempat berkenalan dan menjadi peserta didik Jamaluddin al-Afghani. dan menamatkannya pada tahun 1877 M dengan mendapat gelar al-Alim. Kemudian memulai karirnya sebagai pengajar, profesi yang paling disukainya selain menulis.Kehausan Abduh akan ilmu pengetahuan mendorongnya untuk selalu memperluas cakrawala pengetahuannya. Hal itu, dibuktikan dengan mempelajari bahasa perancis pada usiannya yang ke 44.

pada tahun 1884, ia diminta oleh al-Afghani untuk datang ke paris dan bersama-sama menerbitkan majalah al-Urwah al-Wusqa.Ia pergi ke Beirut dan mengajar di sana. Akhirnya, atas bantuan temannya,–di antaranya seorang berkebangsaan inggris—pada tahun 1888 ia kemudian diizinkan pulang ke Kairo dan diangkat sebagai hakim sekaligus sebagai mufti mesir pada tahun 1899 sampai ia meninggal pada tahun 1905 dalam usia kurang lebih 56 tahun