Cara Mengatasi Kode Error B200 pada Printer Canon Pixma IP2770

Berawal dari kesibukan mengetik tugas proposal dari sekolah, pihak sekolah meminta saya untuk mengerjakan proposal untuk rehabilitasi ruang kelas yang rusak, berhubung sekolah tersebut berada jauh di pulau bagian timur kota sumenep yang tertinggal karna tidak adanya fasilitas listrik tentu hal tersebut sulit bagi mereka dalam urusan administrasi yang berhubungan dengan teknologi maka dari itu saya menyanggupinya dengan suka hati.

pixmaip2700

Selama dua hari penuh saya menyelesaikan dan tinggal membereskannya melalui printer saya canon ip2770 pixma, dan apa yang terjadi ? ketika saya ngeprint terdapat notifikasi error b200 dan halaman yang sudah tercetak sebanyak 2 lembar dan sisanya gagal.

Hal tersebut sunggguh diluar pengetahuan saya yang sebelumnya belum pernah menglami error b200, lampu indicator hidup bergantian hijau dan kuning sebanyak 10 kali dan berakhir dengan lampu indicator berwarna hijau.

Saya mencoba bertanya ke mbah google siapa tau ada solusi yang membantu saya, dari sekian blog yang saya kunjungi menyarankan diantaranya, mereset printer, mengganti mainboard, dan mengganti power supply.

Karna keadaan sudah mepet saya langsung mereset printer, dengan menekan lama tombol pada indicator berwarna kuning, yang terajadi hanyalah tetap saja printer tersebut tidak berfungsi, waktu sudah terbuang dengan cara reset printer, saya langsug mengecek catridge printer dan mencabut dari tempatnya dan kemudian saya set kembali kepada tempatnya. Pas saya cek juga tetap hal tersebut tidak bekerja dengan semua cara tersebut.

Perkiraan saya yaitu harus mengganti mainboard printer tersebut, dan saya benar-benar bingung menghadapi hal tersebut karna waktu sudah dekat untuk mengerjakannya selama 3 hari kepada pihak sekolah. seluruh upaya dan usaha saya gagal mengatasi error b200 ini, saya cabut colokan printer dan mengambil catridge di letakkan di kotak disamping laptop, dan saya biarkan printer saya letakkan dibawah meja.

Entah ini kebetulan atau tidak setelah saya diamkan dan saya anggap printer tersebut sudah tidak akan berfungsi dan selama 7 jam dalam keadaan mati saya kembali mencobanya dan set catridge pada tempatnya dengan teliti, dengan menekan tombol hijau, printer tersebut berbunyi dan tidak lagi memperlihatkan lampu indicator hidup secara bergantian, dan langsung test print hasilnya sukses normal kembali seperti semula.

Dari pengalaman tersebut, cara mengatasi error b200 pada ip 2770 pixma yaitu

  1. Cek terlebih dahulu catridge, mungkin terpasang dengan tidak benar
  2. Matikan/istirahatkan printer tersebut selama 7-10 jam atau anda bisa mengiranya sendiri.
  3. Terakhir cobalah menyalakannya setelah melakukan semua hal di atas, dengan pertama kali masuk ke setting printer, kemudian maintance dan cleaning/deep cleaning

Sebagai catatan saya bukan tukang service printer saya hanya menyarankan hal tersebut di atas berdasarkan pengalaman saya. Dan jika semua hal tersebut tidak bekerja pada printer anda cobalah mengganti mainboard, power supply, atau apapun atas saran tukang service.

Demikianlah solusi mengatasi error b200 pada printer canon ip 2770 pixma semoga bermanfaat bagi anda.