Cara Mengatasi Komentar Spam di WordPress

Ada yang aneh dengan blog saya, semenjak baru pindah hosting, setiap hari kebanjiran komentar berbahasa inggris yang tidak sesuai dengan isi artikel dan statistik blog, sangat jelas merupakan lomentar spam, menyelipkan link diantara fields komen dan autor website, meskipun tidak semua komentar menjurus ke penitipan link, tapi hal tersebut sangat mengganggu, setiap kali login harus mengapus komentar spam, sungguh mengabiskan waktu hanya untuk memoderasi komentar.

berbagai hal sudah saya coba untuk mencegah adanya komentar spam dengan cara mengganti komentar box dengan jenis komentar lain, seperti komentar FB dan disqus akan tetapi hasilnya nihil, ada ada saja pintu buat spammer melakukan aksinya.

sejak saat itu saya biarkan saja komentar tidak dimoderasi. ada hal yang menarik tentang cara saya mengatasi spam, karena saya tidak sama sekali berniat untuk mengatasi ataupun mencegah adanya spam, yang saya inginkan adalah bagaimana caranya foto profil dari blog ini berubah, nah dari itu saya menemukan solusi dengan menggunakan jetpack plugin, jetpack plugin ini merupakan plugin dari automate yang berfungsi untuk mensinkronkan akun terdaftar wordpress.com dengan akun wordpress selfhosted fazan.web.id, dan ternyata terdapat banyak fitur yang bisa digunakan pada plugin jetpack ini.

terdapat 27 fitur dari jetpack, salah satunya adalah jetpack comments yaitu komentar tersinkronisasi dengan akun wordpress.com, disamping itu terdapat fungsi notifikasi, login fb dan akun medsos lainnya untuk lebih memudahkan pengunjung untuk memberikan komentar tanpa harus lagi mengisi formulir kotak komentar yaitu hanya dengan memilih  salah satu medsos yang diinginkan.

dan sejak saat itu tidak ada lagi notifikasi dari komentar baru. yang biasanya tiap kali login ada penampakan komentar berbahasa inggris minta dimoderasi namun kali ini tidak. dan saya menyimpulkan itulah kelebihan jetpack. dengan mengaktifkan beberapa fitur yang disarankan dan sedikit menkonfigurasi plugin masalah spam selesai, secara logika blog ini sudah tersinkronkan dengan akun wordpress otomatis ada jejak rekaman spam yang sudah diantisipasi oleh wordpress sebelumnya.

jadi, cara mengatasi komentar spam di wordpress yaitu dengan cara memasang plugin jetpack dan mengatifkan fitur komentar didalamnya, bagaimana caranya?

Install jetpack plugin, yaitu masuk dasboard pilih plugin add new kemudian pilih jetpack, jika tidak ada gunakan fungsi pencarian dengan kata kunci jetpackjetpack

Masuk ke konfigurasi jetpack kemudian autentifikasi dengan akun wordpress.com, dan aktifkan recommended fitur kemudian akan tampil seperti gambar ini

kemudian klik see the oter 27 jetpack fitur dan pilih jetpack comment seperti gambar dibawah dan konfigurasikan sesuai dengan pilihan anda

demikian cara mengatasi komentar spam di worpress self hosted, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk memberikan komentar anda.