Cara Setting Domain ID Memakai Hosting Gratisan Blogger

Halo sobat blogger, kali ini saya berbagi tutorial Cara Setting Domain ID Memakai Hosting Gratisan, karna domain id tidak ada fitur DNS editor atau pengubah arah DNS jadi kita harus membeli domain+hosting, bagaimana jika terlanjur membeli domain tanpa hosting? kita bisa memesan kembali hostingnya ke penyedia domain tersebut. dan jika anda tidak mau buang-buang uang hanya untuk hosting blogspot maka tutorial ini khusus bagi anda yang telah membeli domain ID tanpa hosting dari penyedia domain khusus blogspot.

Beberapa minggu lalu saya sedikit kebingungan bolak balik pintu rumah mbah google bagaimana cara setting DNS sedangkan yang saya temukan hanyalah Setting NAMESERVER karna baru kali ini saya membeli domain dan yang saya beli adalah domain web.id, dengan blogwalking ke beberapa blog tidak ada hasil barulah saya langsung menanyakan ke pihak penyedia domain tersebut dan ternyata khusus domain apapun ID tidak disertai dengan DNS editor tidak jika kita membeli domain lain contohnya .com, maka saya harus membeli tambahan hosting, dan saya pikir lebih baik pakai hosting gratisan kalau cuma untuk blogspot.

dan akhirnya saya memakai hosting gratis dari IDhostinger, saya langsung login saja via FB karna di ID hostinger ada fitur login FB jadi saya tidak perlu lagi repot-repot untuk mengisi formulir pendaftaran, 6 jam lebih setelah saya set DNS editor di hosting tersebut dan mengubah nameserver di penyedia domain, alhamdulillah fazan.web.id sudah bisa digunakan.

langsung sobat blogger ikutin step by step secara teliti

Cara Setting Domain ID di Blogger

Kita masuk dulu ke akun blogger blogspot kita, klik setelan dasar, poin penerbitan masukkan url domain anda dengan memakai www di bagian depan.

Maka akan muncul informasi seperti gambar dibawah inisetting blogspot

catat kedua cname tersebut/copas ke notepad dulu. sudah anda simpan tinggal kita set name server dan buat hostingannya.

Cara Set NameServer

silahkan anda login ke tempat anda mendaftarkan domain anda dan ubah nameserver ke :

ns1.idhostinger.com
ns2.idhostinger.com
ns3.idhostinger.com
ns4.idhostinger.com

saya membeli domainnya di IDwebhost, saya tinggal meminta aja agent pada layanan konsumen untuk merubah NameServer tersebut dan menunggu sekitar 5 jam untuk propagasi.

Cara Set DNS editor IDhostinger Blogger

silahkan daftar terlebih dahulu di IDhostinger masukkan nama domain anda contohnya fazan.web.id
jika anda sudah mendaftar, silahkan masuk ke menu beranda dan klik hosting

klik tombol kelola

kemudian scroll ke bawah pada opsi tingkat lanjut dan pilih dns editor

kemudian tambah cname, masukkan 2 cname yang telah anda copas ke notepad tadi selesai simpanscroll kebawah dikit ubah AAAA record menjadi milik google

pada kolom host isi dengan @ dan pada kolom IPv6 isi dengan dibawah ini

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Scroll kebawah simpan

terakhir set kembali akun blogger anda dan jangan lupa centang alihkan domain.com ke www.domain.com.

dan tunggu sampai 24 jam, pengalaman saya cuman setengah hari kemudian cek di browser apakah sudah benar-benar dialihkan. jika tidak silahkan cek secara teliti mungkin ada yang terlewati.

Demikian Cara Setting Domain ID Memakai Hosting Gratisan Blogger, semoga bermanfaat