Cara Setting Tag tajuk robot khusus (costum robots header tags)

Peringatan! Gunakan dengan hati-hati. Penggunaan yang tidak tepat dari fitur tersebut dapat mengakibatkan blog Anda diabaikan oleh mesin telusur. inilah peringatan yang muncul ketika ada dihalaman Setelan › Preferensi penelusuran, namun yang perlu anda ketahui Costum robots header tags adalah salah satu fitur blogger yang baru di terapkan pada platform blogger . Costum robots header tags berfungsi untuk memberitahukan web crawler untuk tidak mengindeks bagian tertentu dari situs Anda. Karena tidak semua halaman blog memiliki konten yang baik untuk diindeks pada search engine, apalagi jika halaman tersebut menyebabkan duplicate atau low quality content.

Bagian costum header tags blogger

Pada menu costum robots header tags ini terdapat 3 bagian yang bisa kita setting sesuai dengan kondisi blog kita.

  • Homepage
  • Archive and Search pages
  • Default for Posts and Pages

Pada bagian atau halaman – halaman tersebut bisa kita atur sesuai kebutuhan. Contohnya, ketika kita mencentang menu “nofollow” pada homepage maka seluruh link yang terdapat pada halaman homepage tidak akan diikuti oleh web crawlers.

Cara mengaktifkan costum robots header tags pada blogger

  • Login ke akun blog Anda, pilih menu Setting – Search Preference – Crawlers and indexing – Pilih edit dan enable – Pilih “YES”. Pengaturan costum robot header tags terbaik, Untuk pengaturan tag header silahkan Anda lihat contohnya pada gambar di bawah ini.

Tag Tajuk RobotPenjelasan Cara Pengaturan Custom Robots Header Tags di Blogger :

Bagian Homepage

Pada bagian homepage berikan centang pada “all” dan “noodp” , artinya adalah bahwa halaman homepage di berikan ijin untu ditelusuri oleh oleh web crawlers dan mencegah search engine untuk menampilkan deskripsi blog dari direktori search engine.

Bagian Archive and Search pages

Pada bagian arsip dan search berikan centang pada “noindex” dan “noodp”, artinya kita tidak mengijinkan search engine menampilkan halaman arsip dan search. Halaman tersebut sebaiknya tidak diindeks karena biasanya akan menyebabkan duplikasi deskripsi atau duplikasi judul.

Default for Posts and Pages

Pada bagian Post dan Pages diberikan centang pada all dan noodp, penjelasannya sama dengan bagian homepage.

sekian tips dan cara Pengaturan Custom Robots Header Tags di Blogger , semoga bermamfaat 🙂