Cinta Kasih Dan Keindahan

Cinta secara sederhana bisa dikatakan sebagai paduan rasa simpati antara dua makhluk yang tidak hanya terbatas antara wanita dan pria. Cinta juga diibaratkan sebagai seni. Cinta tidak lebih dari sekedar perasaan yang menyenangkan, untuk mengalaminya harus terjatuh kedalamnya.

Berbicara soal manusia dan cinta tidaklah tabu lagi karena pada masing-masing manusia pasti mempunyai naluri untuk mencapai cintanya, mulai cinta kepada Allah, Rasul. Orang tua dan sesamanya. Setiap manusia pasti mengalami cinta dan kasih sayang merupakan bagian hidup manusia. Dan apabila cinta dan kasih saying itu berlebihan, maka akan timbul pemanjaan kalau terjadi pemanjaan akan cenderung kurang baik karena pada umumnya imbas dan kemanjaan menjadikan manusia sombong, pemboros, tidak sholeh dan tidak menghormati orang tua.

Cinta takkan pernah lepas dari keindahan karena keindahan itu setiap harinya dialami dan dinikmati oleh manusia. Semakin tinggi pengetahuan sesorang, semakin besar pula hasrat dan keinginan seseorang untuk menghargai cinta dan keindahan, penghayatan arti dan fungsi keindahan itu berarti akan memperluas wawasan. Pandagan, penalaran dan persepsi seseorang tentang cinta dan keindahan.

Cinta Kasih

Manusia tidak akan pernah lepas dari namanya cinta kasih karena manusia di ciptakan atas dasar cinta.dalam perjalanan hidup sehari-hari,kehidupan seorang akan memiki arti jika mendapatkan perhatian dari orang lain,jika demikian,perhatian merupakan salah satu unsur dasar,dari cinta kasih. Cinta amat penting dalam kehidupan manusia,hidup tampa cinta itu kosong.belumlah sempurna jika hidup seseorang itu tidak pernah di hampiri atau di hinggapiperasaanj cinta.karena hidup manusia di dunia ini tidak hanya seorang diri melainkan selalumelibatkan pihak lain,istilah cinta tersebut harus diartikan sebagai yang “mencintai” dan yang “di cintai”. Adapun pihak lain yang dimaksud bukan hanya orang lain melainkan juga benda-benda atau makhluk lain,bukankah agama mengajarkan demikian ?

Karena cinta itulah maka kehidupan ini ada,manusia itu berbuat atau melakukan sesuatu karena dorongan perasaan cinta.bukan hanya manusia bahkan binatangpun sesungnya berbuat sesuatu debgan perasaan cinta.hanya bedanya, manusia berbuat sesuatu karena kesadaran / akalnya ,sedangkan binatang berbuaat karena nalurnya,pada hakikatnya cintalah yang terdapat pada asal mula dari hidup.sekurang-kurangnya rasa cinta akan diri sendiri.

Dalam cinta kasih tidak ada kehendak untuk memiliki,apalagi menguasai,yang ada hanya rasa solidaritas,rasa senasib dan seperjuangan.cinta kasih tidak menimbulkan kewajiban melainkan tanggung jawab tidak menuntut balas,lebih banyak memberi dari pada menerima jadi cinta kasih atau cinta sejati dalai cinta kemanusian.

Cinta Kepada Allah

Apabila seseorang taat beribadah,menuruti perintah Allah dan menjahui larangannya orang itu mempunyai cinta kepada tuhannya. Islam menaruh perhatian yang besar agar seseorang menjalani hubungan yang kuat dengan Allah. Dengan hubungan yang kuat itu, dia dapat terhindar dari factor-faktor penyelewengan dan tingkah laku yang bengkok.hubungan dangan Allah menjadi sumber segala kebaikan dan pangkal cintanya kepada dirinya sendiri dan orang lain,kawan-kawan seperjuangan, tetanganya dan relasi-relasinya.

Menurut ajaran dan system islam,cintailah yang menjadi pusat pertemuan semua factor yang membantu keimanan,yaitu cinta kepada Allah stw,dengan cinta kepada Allah,otomatis seseorang harus cinta juga kepada tokoh-tokoh yang pernah di utus oleh Allah untuk menjadi pembimbing umat manusia yang membawa kabar gembira dan peringatan.disamping itu juga harus cinta kepada ajaran yang mereka bawa dari Allah sebagaimana difirmankan oleh Allah:

“Apabila Allah stw menganjurkan agar orang mencintai-nya lalu orang itu diarahkan dan dia di suruh mencintai-nya.hal ini tidak lain agar pengaruh cinta tersebut tercermin dalam hidupnya dan memantul terhadap makluk-makhluk hidup yang lain sehingga segala perbuatannya merupakan pencerminan semata-mata dari rasa cinta yang nilai dan pengaruh sama oleh karena cinta diri antar kepada manusia.

Cinta kepada Rasulullah

Cinta kepada Allah menyebabkan manusia ikhlas mengerjakan aa yang diridhainya. Demikian halnya, cinta kepada Rasulullah tidak cukup hanya dengan ucapan lisan saja. Akan tetapi harus dibarengi dengan amal yang nyata, melaksanakan dan mengikuti semua yang disampaikannya, banyak membaca shalawat. Mengamalkan ajaran rasul dan mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sabda Rasulullah

“Tidak sempurna iman seseorang di antara kamu, sehingga aku lebih di cintai dari pada dirinya, orang tuanya. Anak dan sama manusia ” (HR. Mutafaqa alaih)

Cinta kepada orang tua.

Bentuk dari kasih sayang antara orang tua bersikap aktif sementara si anak bersikap pasif.dalam hubungan ini orang tua terhadap anakmemberi kasih sayang yang berlebihan terhadap anaknya,menyiyakan tampa seditpun berusaha memcerikan respon, kondisi semacam ini biasanya akan menyiptakan anak senantiasa takut,kurang berani,menyatakan pendapat,minder,atau dengan kata lain cendrung membentuk sosok anak yang tidak mampu berdiri sendiri dalam masyarakatnya. Suatu bentuk kasih sayang dimana orang tua bersikap fasif aktif. Dalam bentuk ini orang tua dan anak saling memberikan kasih sayang secara berlebihan, sehingga hubungan antara orang tua dan anak intim dan mesra, saling mencintai, saling menghargai, dan yang lebih jelas saling membutuhkan.

Cinta kepada sesama manusia

Cinta kepada sesama manusia atau cinta manusia kepada makhluk lain, biasanya karena mengharapkan sesuatu dari orang yang di cintainya. Misalnya seorang ibu mencintai anaknya. Pasti ia mengharapkan sesuatu dari anaknya, yaitu menjadi orang berakhlak baik. Saling menghormati sesame manusia ketiak bertemu, cinta kepada sesama manusia tidak boleh berlebih-lebihan sabda rasul yang artinya sebagai berikut : ” Cintailah apa yang kamu sukai itu sekedar saja, barang kali pada suatu saat nantiia akan menjadi yang kamu benci dan bencilah apa-apa yang kamu tidak sukai it sekedar saja, karena suatu saat barang kali ia akan menjadi yang kemu cintai ( HR. Bukhari – Muslim).”

Cinta diri sendiri

Cintanya kepada kita demi kita adalah lantaran agar kita bisa mengenalnya dari amal ibadah yang membwakan kita kepada pemenuhan keinginannya dan menajauhkan diri kita dari segala hal yang bertentangan dengan keinginannya atau kita mengenalnya melalui takwa. Disisi lain, dia mencintai kita demi dirinya sendiri karena “Aku adalah perbendaharaan tersembunyi. Aku rindu (cinta) untukdikenal, maka aku ciptakan dunia agar aku bisa dikenal mereka sehingga mereka mengenal-ku” jadi, kata syeikh akbar ibu al-Arabi dia menciptakan kita hanya demi mencintai dirinya sendiri,agar kita mengenalnya” yakni mengenal keindahan dan keagungannya melalui prespektifnya dan, diatas semua, di dalam dirinya melalui fana dari diri kita dan baya dalam dirinya” jadi penyebabnya mencintai dirinya sendiri dalai tindakan memerindah (ihsan).

Manusia dan Keindahan

Makna Keindahan

Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus. Permai, cantik, elok-melek dan sebagainya. Benda yang memmpunyai sifat indah ialah hasilseni (meskipun tidak semuanya). Kawasan keindahan perdaban teknologi, sosial dan budaya. Keindahan merupakan bagian kehidupan manusia yang tidak dapat dipisahkan dimanapun, kapanpun dan oleh siapapun.

Keindahan adalah indentik dengan kebenaran keduanya mempunyai nilai sama yaitu abadi, dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah yang tidak mengandung kebenaran tidak idah karenanya, tiruan lukisan monalisa bija jadi tidak indah karenanya dasarnya tidak benar. Keindahan juga bersifat universal artinya tidak terikat oleh perorangan waktu dan tempat, secara muda, daerahan atau local. Pandangan plato dapat menjadi dua yaitu : tentang dunia ideal dan tentang dunia nyata. Menurut plato kesederhanaan adalah ciri khas keindahan baik dalam alam maupun karya seni. Berkanaan dengan keindahan ini terdapat 3 pandangan yang dapat di acu pertama, keindahan berdasarkan keseimbangan, keteraturan, ukuran dan sebagainya kedua, keindahan merupakan jalan menuju komtemplasi ketiga, perhatian akan apa yang secara empiris dalam diri si subjek termuat dalam pandangan aristoteles dan Thomas.

Baum gastrin menyatakan bahwa keindahan adalah keseluruhan yang tersusun untuk secara teratur dari bagian-bagian yang saling berhubungan satu sama lain.

Nilai estetik

Menurut the liang gie. Keindahan di anggap sebagai salah satu jenis nilai seperti halnya nilai moral. Nilai ekonomi, nilai pendidikan, dan sebagainya. Nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercangkup dalam perngertia keindahan daisebut nilai ekstetik ada pula yang mentakan nila a/ realita psikologi yang harus dibedakan secara tegas dari kegunana, karena terdapat dalam jiwa manusia dan bukan pada kehendaknya itu sendiri. manusia beranggapan bahwa pada suatu benda tertentu itu terdapat suatu nilai yang dibuktikan letak kebenarannya.

Nilai ekstrinsik a/ nilai-nilai yang ada hubungannnya dengan hal-hal yang berada di luar bentuk dari suatu objek (karya sastra / suatu benda) itu sendiri, dan memiliki kecenderungan untuk mengisyaratkan suatu pesan makna. Adapun nilai intrinsic a/ sifat baik dan benda yang bersangkutan sebagai alat, sarana untuk sesuatu hal lainnya (bersifat sebagai alat atau pembantu)

Keindahan pada dasarnya a/ mamiah. Alam itu ciptaan tuhan hal itu berarti bahwa keidnahan itu sendiri a/ ciptaan tuhan alamiah artinya wajar, tidak berlebih –an tidak pula kurang keindahan a/ hen yang alamiah, sedangkan, alam itu sendiiri diciptakan tuhan yang berarti mengandung kebenaran-kebenaran demikian merupakan segi-segi kekuasaaan Allah yang tercermin di dalam alam semesta.

Apa Sebabnya Manusia Mencintai keindahan

  • Karena keindahan memiliki propensi yang harmonis, sedangkan itu nyata, dan keindahan dapat di samakan dengan kebaikan.
  • karena keindahan a/ sesuatu yang mendatangkan rasa menyenangkan bagi yang melihat. Dan keindahan sebuah benda tertentu yang memang indah
  • dank arena mengandung arti bahwa keindahan dalam arti luas dapat mencakup keindahan seni, alam, moral atau bahkan intelektual pada hakikatnya keindahan manusia merasa nyaman hidupnya dengan suasana keindahan akan membuat perasaan ke manusiaan nya menjadi tidak tergangggu
  • Sebab persepsi manusia terhadap keindahan sangat di tentukan oleh daya pergerak yang menjadi sumber timbulnya kehendak , atau kelugiran terhdap keindah it sendiri. keindahan sebenarnya a/ keindahan yang muncul dari persepsi akal dan budi.

Keindahan dalam Islam

Keindahan juga bisa berart tingkah laku yang baik, meskipun wanita kelihatan cantik, itu hanya indah dan segi pandangan dhahir saja. Yang mana keindahan wajah tidak menjamin keindahan hati tingkah laku keindahan yang di kenal adalah keindahan dzat-nya dan keindahan sifat nya dan pebuatannya.

Renungan

Renungan berasal dari kata renung, merenung artinya dengan diam-diam memikirkan sesuatu. Atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan a/ hasil merenung. Setiap orang pernah merenung. Sudah tentu kadar renungannannya satu sama lain berbeda. Meskipun objek yan di renungnya berbeda. Jadi apa yang direnungkan itu bergantung kepada objek dan subjek.

Renungan atau pemikiran yang di bahsa pembahasan ini ialah yang berhubugnan dengan keindahan , setiap hasil seni lahir dari renungan, tanpa di renungkan hasil seni tidak mencapai keindahan. Renungan atau pemikiran yang berhubungan dengan keindahan atau penciptaan keindahan di dasarkan atas 3 macam teori yaitu .

  • Teori pengungkapan benetto croce menyatakan bahwa seni adalah pengungkapan kesan-kesan
  • Teorai metafsirkan plato mendalilkan adanya dunia pada taraf tertinggi, sebagai realita ilahi itu, karya seni yang dibuat manusi hanyalah merupakan tiruan dari realita dunia
  • Teori psikologik di nyataskan bahwa sadar dari seorang seniman adapun kareya seniman itu merupakan bentuk terselubung / di perhalus yang diwujudkan keluar dari keungan-keuangan itu.

Menurut keats selalu meliputi rasa ragu-ragu. Ketidak tentuan, misterius. Justru seniman yang tidak memiliki kemampuan negative tidak mampu menciptakan keindahan kemampuan negative in identik dengna proses mencari yang dimaksud ialah mjencari keindahan konsep keindahan adalah abstrak, konsep itu baru dapat berkomonikasi setelah di berbentuk.

Keserasian

Keserasian berasal dari kata serasi; serasi dari kata dasar rasi artinya cocok. Sesuai atau kena benar, kata cocok sesuai atau kena mengandung unsure pengertian perpaduan, ukuran dan sumbang, karena itu dalam keindahan itu, sebagian besar hali piker menjelaskan bahwa keindahan pada dasarnya adalah sejumlah kualitas/pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal; kualita yang paling sering disebut adalah persatuan, keselarasan, kesetangkupan keseimbangan dan pertentangan, keindahan di katakana tersusun dari berbagai keselarasan dan pertentangan dari garis, warna, bentuk dan kata-kata tetapi ada pula yang berpendapat bahwa keindahan adalah suatu kumpulan yang selaras dalam suatu benda dan diatara benda itu.

Keserasian identik dengan keindaha, sesuatu yang serasi tentu tampak indah dan yang tidak serasi tidak indah.

Kehalusan

Kehalusan berasal dari kata halus artinya tidak kasar (perbuatan) lembut, sopan, baik (budi bahasa), beradab kehalusan berarti sifat-sifat yng halus, kespanan dan atau keadaban

Halus bagi manusia itu sendiri ialah berupa sikapa halus atau lembut merupakan gambaran hati yang tulus serta cinta kasih terhdaap sesama anggota badan yang melahirkan sikapt itu ialah kaki, tangan, kepala, mulut, bibir, mata, bahu, dan lain-lain.

Daftar Pustaka

[sociallocker id=1253]Djoko widagdho. Ilmu Budaya Dasar. PT Bumi Aksara

Al-Jauzi, Syaikh Ibn Al-Qayyim. Mengapa ada cinta. Jakarta : Abla Publisher 2004

Mawardi, NurHidyati. Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar. Bandung : Pustaka Setia. 2007

Tri Prasetya, Joko. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta : Rineka Cipta. 2004[/sociallocker]