Gempa Bumi

Gempa bumi adalah bergoncangnya bumi yang disebabkan oleh tumbukan antara lempeng bumi, patahan aktif, aktivitas gunung api atau runtuhan batuan. kekuatan gempa bumi akibat aktivitas gunung api dan runtuhan batuhan relatif kecil.

Jika gempa bumi bergoncang secara tiba-tiba, ada sepuluh petunjuk yang dapat dijadikan pegangan dimanapun anda berada.

Dalam rumah

Getaran akan terasa beberapa saat. selama jangka waktu itu, anda harus mengupayakan keselamatan diri anda dan keluarga anda. masuklah ke bawah meja untuk melindungi tubuh anda dari kejatuhan benda-benda. jika anda tidak memiliki meja, lindungi kepala dengan bantal. jika anda sedang menyalakan kompor maka matikan segera untuk mencegah terjadinya kebakaran

Di luar rumah

Lindungi kepala anda dan hindari benda-benda berbahaya. di daerah perkantoran atau kawasan industri, bahaya bisa muncul. dari jatuhnya kaca-kaca dan papan-papan reklame.

Di mall, bioskop, dan dasar mall

Jangan menyebabkan kepanikan atau korban dari kepanikan, ikuti semua petunjuk dari pegawai atau satpam.

Di gunung atau pantai

Ada kemungkinan longsor terjadi dari gunung yang diakibatkan oleh ulah tangan manusia dalam artian penggundulan dan juga di pesisir pantai, bahayanya, datang dari tsunami.

kita tahu di bumi ini terdiri dari lempengan-lempengan yang sebagian berupa benua dan sebagian lagi berupa lautan. dinamakan lempengan karena terdiri dari dua dimensi yaitu panjang dan lebar. kerak bumi yang mengapung di atas lapisan astenosfer dianggap satu lempeng yang saling berhubungan. sedangkan proses terbentuknya gunung api adalah sebagia berikut :

  1. Sistem pengunungan sirkum mediteranian, sistem ini memanjang mulai dari pegunungan atlas (Afrika utara) yang bersambung dengna pegunungan alpen (eropa selatan) dan pegunungan himalaya (asia). akhirnya pegunungan tersebut berbelok keselatan dan berangkai dengan pegunungan-pegunungan indonesia.
  2. Fenomena gempa bumi, pergesaran lempeng tektonik dapat menyebabkan terjadinya gempa bumi tektonik. gempa bumi merupakan salah satu bencana alam aterbesar bagi umat manusia disamping terjadinya alam lainnya seperti letusan gunung api dan bencana banjir.