Langkah-Langkah Pembelajaran Termatik

Langkah-Langkah Pembelajaran Termatik di antaranya yaitu :

  1. Membaca dan memahami semua KD pada kelas dan semester yang sama setiap mata pelajaran (MP)
  2. Memilih tema yang dapat mempersatukan Kompetensi-kompetensi tsb
  3. Membuat matriks hubungan KD dengan tema. Dalam langkah ini penyusun memperkirakan dan menentukan kompetensi-kompetensi dasar setiap Mpyang cocok dikembangkan dengan temayang sudah dipilih
  4. Membuat pemetaan KD yaitu menempatkan KD dari setiap mata pelajaran yang sesuai dengan tema. Dalam hal ini terlihat kaitan antara tema dengan KD dari setiap MP
  5. Menyusun silabus pembelajaran tematik berdasarkan petemetan KD

Pembelajaran tematik memerlukan perencanaan dan pengorganisasian agar dapat berhasil dengan baik. Ada lima hal yang perlu diperhatikan dalam merancang pembelajaran tematik, yaitu: (1) memilih tema, (2) mengorganisir tema, (3) mengumpulkan bahan dan sumber, (4) Mendesain kegiatan dan proyek, dan (5) mengimplementasikan satuan pelajaran.

1. Memilih Tema
Topik untuk pembelajaran tematik dapat berasal dari beberapa sumber. Inilah beberapa di antaranya:

  • Topik-topik dalam kurikulum
  • Isu-isu
  • Masalah-masalah
  • Event-event khusus
  • Minat siswa
  • Literatur

2. Mengorganisasikan Tema, Pengorganisasian tema dilakukan dengan menggunakan jaringan topik.
3. Mengumpulkan Bahan dan Sumber
Pembelajaran tematik berbeda dengan pembelajaran berdasarkan buku paket tidak hanya dalam mendesain, melainkan juga berbagai bahan yang digunakan. Inilah beberapa sumber:

  • Sumber-sumber yang tercetak
  • Sumber-sumber visual
  • Sumber-sumber literature
  • Artifac.

4. Mendesain Kegiatan dan Proyek, Beberapa cara mendasain kegiatan dan proyek di sarankan sebagai berikut:

  • Integrasikan bahasa-membaca, menulis, berbicara, dan mendengar.
  • Hendaknya bersifat holistik.
  • Tekankan pada pada pendekatan “hands-on, minds-on”.
  • Sifatnya lintas kurikulum.