Macam-macam Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah lakunya yang di sengaja maupun tidak di sengaja. Menurut sifat dasarnya manusia adalah mahluk bermoral. Tetapi manusia juga seorang pribadi, karena merupakan seorang pribadi maka manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri. Dengan itu, manusia bertindak atau berbuat. Dengan hal ini manusia tidak akan luput dari kesalahan, kekeliruan. Baik di sengaja maupun tidak di sengaja. Adapun macam-macam tangugng jawab sebagai berikut:

  • Tanggung jawab kepada keluarga, Keluarga adalah masyarakat kecil, keluarga terdiri dari suami, istri,ayah, ibu, anak-anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga, keselamatan, pendidikan, kehidupan.
  • Tanggung jawab kepada masyarakat, Manusia dalah mahluk social manusia mrupakan anggota masyarakat. Oleh karena itu, dalam berfikir, bertingkah laku, berbicara, dan sebagainya. Manusia terikat dengan masyarakat.
  • Tanggung jawab kepada bangsa atau Negara, Setiap manusia adalah warga suatu Negara dalam berfikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh Negara. Contoh : dalam novel jalan tak ada ujung karya mochtar lubis, guru Isa yang terkenal dengan guru baik, terpaksa mencuri barang¬-barang milik sekolah demi rumah tangganya. Perbuatan guru isa ini harus pula di pertanggungjawabkan kepada pemerintah. Kalau perbuatan diketahui ia harus berurusan denan pihak kepolisian dan pengadilan.
  • Tanggung jawab kepada Tuhan, Manusia ada tidak dengan sendirinya, tetapi merupakan mahluk ciptaan tuhan manusia dapat mengembangkan diri sendiri dengan sarana-sarana pada dirinya yaitu pikiran,perasaan, swelurh anggota tubuhnya, dan alam sekitarnya.
Dalam mengembangkan dirinya manusia bertingkahlaku dan berbuat. Sudah tentu dalam perbuatannya manusia banyak berbuat kesalahan baik yang disengaja maupan tidak disengaja. Sebagai hamba tuhan, manusia harus bertanggung jawab atas segala perbuatan yang salah itu atau dengan istilah agama atas segala dosanya.
Dalam kehidupan sehari-hari manusia bersembahyang sesuai dengan perintah tuhan. Apabila tidak bersembahyang maka manusia harus bertanggung jawab terhadap kelalaiannya kelak diakhirat. Manusia hidup dalam perjuangan, begitulah firman tuhan. Tetapi bila manusia tidak bekerja keras untuk kelangsungan hidupnya, maka segala akibatnya harus dipikul sendiri penderitaan akibat kelalaian adalah tanggung jawabnya. 
Meskipun manusia menutupi perbuatan yang salah dengan segala jalan. sesuai dengan kondisi dan kemampuannya, mislnya dengan hartanya, kekuasaannya, namun manusia tidak akan lepas dari tanggung jawab kepada tuhan.