Makna Pengabdian

Pengabdian adalah perbuatan yang terpuji baik berupa fikiran, pendapat atupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan seperti mengabdi kepada raja, cinta kasih saying, hormat, atau sutu ikatan dan semuanya dilakukan dengan ikhlas. Terus mengapa kok timbul pengabdian? Sebenarnya pengabdian itu pada hakikatnya adalah tanggung jawab. Seperti kita sholat setiap waktu itu berarti kita sudah mengabdi kepada tuhan karena sembahyang merupakan tanggung jawab manusia kepada allah.

  • Pengabdian kepada keluarga, Setiap manusia pasti hidup berkeluarga. Hidup berkeluarga didasarkan atas cinta dan kasih saying. Kasih sayang mengandung arti pengabdian dan pengorbanan. Tidak ada pengtabdian tanpa kasih sayang. Apabila ada pengabian tanpa didasari rasa kasih sayang berarti kasih sayangnya palsu atau semu. Dalam keluarga pengabdian bisa berupa pengabdian suami kepada istri, istri kepada suami dan anak-anak atau dari anak-anak kepada keluarganya.
  • Pengabdian kepada negara, Semua manusia pada hakikatnya bagian dari suatu bangsa atau merupakan warga dari suatu negara. Karena itu, seorang warga akan mencintai bangsa dan negaranya, yang biasanya diwujudkan dakam bentuk pengabdian. Tidak ada pengabdian tanpa cinta.
  • Pengabdian kepada masyarakat, Manusia merupakan anggota masyarakat manusia tidak dapat hidup tanpa orang lain, karena setiap manusia pasti saling membutuhkan apabila seseorang yang hidup di masyarakat tidak mau memasyarakatkan diri dan selalu menasingkan diri, maka apabila ia mendapatkan kesulitan, baik yang besar maupun yang kecil ia tidak akan mendapatkan bantuan dari masyarakat. Oleh karena itu, demi masyarakat setiap masyarakat harus mengabdi kepada masyarakat.setiap masyarakat harus mempunyai rasa tanggung jawab kepada masyrakat yang lain.