Mendesain Pembelajaran Agar Lebih Menarik

Download Makalah Mendesain Pembelajaran Agar Lebih Menarik – R.M. Guion dalam spencer and spencer mendefinisikan kemampuan atau kompetensi sebagai karakteristik yang menonjol bagi seseorang dan mengidikasikan cara-cara berperilaku atau berpikir dalam segala situasi, dan berlangsung terus dalam periode waktu lama. Dari pendapat tersebut dapat dipahami bahwa kemampuan merujuk pada kinerja seseorang dalam suatu pekerjaan yang bisa dilihat dari pikiran, sikap, dan perilakunya. Lebih lanjut spencer and spencer membagi lima karakteristik kompetensi sebagai berikut.

Motif, Motif adalah suatu yang orang pikirkan dan inginkan yang menyebabkan sesuatu. Contoh, orang yang termotifasi dengan prestasi akan mengatasi segala hambatan untuk mencapai tujuan, dan tanggung jawab melaksanakannya.

Sifat, Sifat adalah ksrakteristik fisik tanggapan konsisten terhadap situasi atau informasi. Contoh, penglihatan yang baik adalah kompetensi sifat fisik seorang pilot.

Konsep diri, Konsep diri adalah sikap, nilai, dan image diri seseorang. Contoh, kepercayaan diri atau keyakinan seseorang agar dia menjadi efektif dalam semua situasi adalah bagian dari konsep diri.

Pengetahuan, Pengetahuan adalah informasi yang seseorang miliki dalam bidang tertentu.

Keterampilan, Keterampilan adalah kemampuan untuk melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan fisik dan mental.

Mereka juga mengkategorikan komptensi ke dalam dua bagian, yaitu; threshold competences dan differentiating competence. Threshold competencesadalah karakteristik esensial (biasanya pengetahuan atau keterampilan dasar, seperti kemampuan membaca) yang seseorang butuhkan untuk menjadi efektif dalam suatu pekerjaan, tetapi bukan untuk membedakan pelaku superior dari yang rata-rata. Contoh, pengetahuan pedagang tentang produk atau kemampuan mengisi faktur. Differentiating competencemembedakan pelaku yang superior dari yang biasanya. Contoh orientasi prestasi yang diekspresikan dalam tujuan seseorang adalah lebih tinggi dari yang dikehendaki oleh organisasi.

Perbedaan pokok antara profesi guru dengan profesi lainnya adalah terletak pada tugas dan tanggung jawabnya. Tugas dan tanggung jawab tersebut erat kaitanya dengan kemampuan yang disyaratkan untuk memangku profesitersebut. Kemampuan dasar tersebut tidak lain adalah kompetensi guru.

selengkapnya download disini Makalah Mendesain Pembelajaran Agar Lebih Menarik