Menulis itu mudah

TypingKetika muncul sebuah ide untuk menulis terlintas dipikiran saya tentang menulis itu sendiri, sebagian para blogger mungkin menulis hanya sekedar berbagi rasa enaknya es jus, atau semudah jari menari, akan tetapi dibalik itu semua pasti semuanya kehabisan ide untuk berbagi apa yang akan di publikasikan, oleh karna itu menulis itu mudah dan mencari/menemukan idelah yang mungkin sangat sulit.

Saya akui memang tulisan saya tidak sehebat Raditya Dika, ataupun penulis populer lainnya, akan tetapi sebagai blogger saya mempunyai rasa yang hebat layaknya Raditya Dika, yaitu berbagi rasa, berbagi cerita, dan berbagi pengalaman. meskipun dalam semua hal yang saya tulis tentu tidak bermafaat.

Jujur saja saya juga bukanlah seorang kolektor buku yang dikenal dengan kutu buku, akan tetapi saya merupakan tipe orang suka membaca dari blog orang lain, yang kami biasa sebut dengan istilah blogwalker.

Ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadikan menulis itu mudah. Tulislah hal-hal yang disukai, jangan memaksakan diri untuk menulis hal yang kita sendiri tidak tahu apa yang akan kita tulis. Misalnya saja jika anda tidak terlalu suka dengan otomotif jangan memaksakan diri untuk menggarap kategori tersebut. Rajin-rajinlah membaca, dengan membaca kita bisa mendapatkan lebih banyak ide dan tutur kata bahasa dari sebuah tulisan orang lain, dengan begitu kita bisa mendapatkan ciri khas tersendiri dalam tulisan kita. Tuangkan ide-ide pokok dalam note, tulislah hal-hal yang penting dalam tulisan kemudian kita akan menemukan ide sendiri untuk menjabarkannya. Jangan remehkan ide ketika datang, menulis bisa dengan mudah jika ide sudah kita tentukan sebelumnya, artinya setiap ide yang datang sewaktu-waktu bisa hilang jika kita tidak langsung mencatatnya, intinya kita bisa mencatatnya disebuah catatan ataupun ke dalam smartphone.