Monetizing Blog antara Hitam atau Putih

monetize blogSedikit berbagi catatan saya dalam passive income melalui blog. alhamdulillah dalam beberapa bulan ini ada ada saja penghasilan dari sebuah blog yang saya kelola, meskipun nominalnya tidak seberapa tapi saya cukup puas, mulai dari PPC CPM dan Affiliate dari zalora yang saya jalankan.

Ada beberapa blogger yang mengatakan “cari uang lewat blog itu mudah, tinggal pasang uangpun mengalir” apakah iya? saya tidak setuju dengan apa yang mereka katakan, tidak ada hal instan seperti benda keriting berwarna kuning.

Ada beberapa hal dalam membangun blog untuk mendapatkan uang, mulai dari optimasi blog entah itu SEO “istilah mereka para master” dan yang lainnya, menurut saya sih perbanyak pengunjung saja yang mau melihat blog kita entah itu dari media sosial, search engine, ataupun bookmark directory blog dan source trafik lainnya, yang sulit apa sih? ya mencari pengunjung yang sulit. dan menurut pribadi saya, biasakanlah anda mengunjungi blog orang, agar blog anda dikunjungi “mereka menyebutnya blogwalking”. dari mana anda dikenal orang atau dari mana blog anda terkenal jika anda sendiri malas untuk blogwalking dan silaturrahmi dengan yang lain.

statistik salah satu blog yang saya kelola
statistik salah satu blog yang saya kelola

Semakin banyak pengunjung semakin bagus penghasillannya. dan pada umumnya untuk program CPM (cost per mile) 1000 pengunjung payrates-nya 0.5-1 dolar hitung aja berapa kira-kira dalam nilai rupiah. dan untuk PPC (payperklik) lain lagi hitungannya.

Tapi dari semua itu saya juga harus pintar-pintar cek iklan di blog. kadangkala iklan yang tampil membuat saya kecewa, karna ada beberapa iklan dari produk yang tidak senonoh, mungkin hal ini tidak terjadi jika akun saya pada iklan adsense aproved by google. nah itu kan ? jadi ngarep jadi publisher adsense.

tapi ya sudahlah setidaknya saya lebih semangat dalam menulis apapun itu yang saya temui suka ataupun tidak “make it your post”. dan saya rasa jika anda ingin punya passive income lewat blog jangan anda niatkan untuk itu. banyak dari teman-teman blogger mudah bosan karna itu dan akhirnya dibutakan karna hanya untuk uang. so do it for your …..? tukang tulis (maksudnya?), berusahalah dahulu baru senang kemudian dan jangan liat benda kuning keriting itu. lihatlah potensi anda.