Tujuan dan Prinsip Pembelajaran Kooperatif

Tujuan Pembelajaran Kooperatif Johnson & Johnson (Trianto, 2010: 57) menyatakan bahwa tujuan pokok belajar kooperatif adalah memaksimalkan belajar siswa untuk peningkatan prestasi akademik dan pemahaman baik secara individu maupun secara kelompok. Karena siswa bekerja dalam satu team, maka dengan sendirinya […]

Continue Reading

Karakteristik dan Unsur-unsur Pembelajaran Kooperatif

Karakteristik Pembelajaran Kooperatif Menurut Rusman (2011: 207-208) terdapat 4 karakteristik pembelajaran kooperatif, di antaranya sebagai berikut: Pembelajaran Secara Tim Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran dilakukan secara tim. Tim merupakan tempat untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, tim harus mampu membuat setiap […]

Continue Reading

Pengertian Pembelajaran Kooperatif

Pengertian Pembelajaran Kooperatif Menurut Hamid Hasan (Etin Solihatin, 2009: 4), kooperatif mengandung pengertian bekerja bersama dalam mencapai tujuan bersama. Menurut Rusman (2011: 202), pembelajaran kooperatif (cooperative learning) merupakan bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara […]

Continue Reading

Kajian Teori Filsafat Pendidikan

Pengertian Filsafat Pendidikan – Pendidikan adalah upayamengembangkan potensi-potensi manusiawi peserta didik baik potensi fisikpotensi cipta, rasa, maupun karsanya, agar potensi itu menjadi nyata dan dapatberfungsi dalam perjalanan hidupnya. Dasar pendidikan adalah cita-citakemanusiaan universal. Pendidikan bertujuan menyiapkan pribadi dalam keseimbangan, kesatuan. organis, […]

Continue Reading

Pengertian Permainan Bola Basket

Makalah bola basket – Pengertian permainan bola basket – Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri dari dua tim yang beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang milik lawan. Bola basket […]

Continue Reading

Pengertian Belajar

Pengertian Belajar – Belajar telah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Belajar terjadi seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan manusia. Bagi seorang pelajar, belajar merupakan sebuah kewajiban. Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman […]

Continue Reading

Model Pembelajaran Kontekstual (Kajian Teori)

Pembelajaran kontekstual ( CTL ) merupakan konsep belajar yang dapat membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan […]

Continue Reading

Metode Bercocok Tanam Hidroponik

Pengertian Hidroponik Hidroponik berasal dari bahasa latin (hydro = air; ponos = kerja) yaitu suatu metode bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah, melainkan dengan menggunakan larutan mineral bernutrisi atau bahan lainnya yang mengandung unsur hara seperti sabut kelapa, serat mineral, […]

Continue Reading

Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini

Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini – Bahasa merupakan alat komunikasi yang bersifat universal, yang artinya hampir tidak ada seorang pun yang tidak berkomunikasi melalui bahasa. Serta, sejalannya dengan perkembangan zaman bahasa anak-anak semakin bervariasi dan juga biasanya disalahgunakan ketika […]

Continue Reading