Perangkat Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MTs Kelas IX

Perangkat Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MTs Kelas IX – Pendidikan di Indonesia diharapkan dapat mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang memiliki komitmen kuat dan berakhlaq mulia. Pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak peserta didik yang bermartabat, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan mampu meneladani Al-Qur’an-Hadis dalam kehidupan sehari-hari. 

Kurikulum disusun dan disain agar terciptanya keberlangsungan proses pendidikan yang kondusif bagi peserta didik sehingga dapat hidup dan mandiri ditengah masyarakat yang heterogen.Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar merupakan kurikulum hasil refleksi, pemikiran dan pengkajian dari kurikulum yang telah berlaku sebelumnya.

Kurikilum ini diharapkan dapat membantu mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan di masa depan. Standar kompetensi dan kompetensi dasar diarahkan untuk menumbuhkan dan memberikan keterampilan bertahan hidup dalam kondisi yang beragam dengan berbagai perubahan serta persaingan. Kurikulum ini diciptakan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, cerdas dalam membangun integritas sosial, dan mewujudkan karakter

Pada dasarnya kurikulum Al-Quran-Hadis ini masih terkait dengan standar isi dalam Permendiknas Nomor 22. Penyusunan kurikulum Al-Qur’an-Hadis ini dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Kurikulum Al-Qur’an-Hadis yang tertuang dalam Permen 22 pada jenjang sebelumnya (SD/MI)
  2. Kebutuhan siswa pada usia MTs yang pada dasarnya mulai dikenakan hukum sebagai mukallaf (diwajibkan menunaikan ibadah mahdzoh terlebih sholat)

Kurikulum Al-Qur’an-Hadis MTs ini merupakan kelanjutan dan kesinambungan dengan kurikulum Al-Qur’an-Hadis pada jenjang MI dan MA, terutama pada penekanan kemampuan membaca Al-Qur’an-Hadis, pemahaman surat-surat pendek dan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

Tujuan Al-Quran-Hadis

Adapun tujuan dari mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis adalah:

  1. Meningkatkan kecintaan siswa terhadap Qur’an dan Hadis
  2. Membekali siswa dengan dalil-dalil yang terdapat dalam Qur’an dan Hadis sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan
  3. Meningkatkan kekhusyukan siswa dalam beribadah terlebih sholat, dengan menerapkan hukum bacaan tajwid serta isi kandungan surat/ayat dalam surat-surat pendek yang mereka baca

Ruang Lingkup Al-Quran-Hadis

  • Membaca /menulis yang merupakan unsur penerapan ilmu tajwid
  • Menterjemahkan makna (tafsiran) yang merupakan pemahaman, interpretasi ayat dan Hadis dalam memperkaya khazanah intelektual
  • Menerapkan isi kandungan ayat/hadis yang merupakan unsur pengamalan nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Standar Kompetensi Lulusan Al-Quran-Hadis

  1. Memahami dan mencintai Al-qur’an dan Al-Hadis sebagai pedoman hidup umat Islam
  2. Meningkatkan pemahaman Al-Qur’an Al-Fatihah, dan surat pendek pilihan melalui upaya menerapkan cara membacanya, menangkap maknanya, memahami kandungan isinya, dan mengaitkannya dengan fenomena kehidupan.
  3. Menghafal dan memahami makna Hadis-Hadis yang terkait dengan tema isi kandungan surat atau ayat sesuai dengan tingkat perkembangan anak

Perangkat Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MTs Kelas IX

  1. SKL SK & KD Al-Quran Hadits MTs Kelas VIII – Download
  2. Silabus Al-Quran Hadits Kelas VIII MTs Semester 1 & 2 – Download
  3. RPP Al-Quran Hadits Kelas VIII MTs Semester 1 & 2 – Download
  4. Promes (Program Semester) Al-Quran Hadits Kelas VIII – Download
  5. Prota (Program Tahunan) Al-Quran Hadits Kelas VIII – Download
  6. Pemetaan Al-Quran Hadits Kelas VIII – Download
  7. Rincian Pekan dan Jam Efektif Al-Quran Hadits Kelas VIII MTs Semester 1 & 2 – Download
  8. KKM Al-Quran Hadits Kelas VIII MTs – Download

Tinggalkan balasan di komentar jika ada link yang rusak ataupun error