Program Terbaru SIMPATIKA Semester 2 Tapel 2015/2016

simpatikaSejak tanggal 29 Juni 2015 lalu Aplikasi Padamu Negeri resmi ditutup atau tidak digunakan lagi. Apakah Operator Madrasah berhenti melakukan penjaringan data Madrasahnya? Jawabannya tidak! Karena setelah ditutupnya website aplikasi Padamu Negeri maka Operator Madrasah melakukan penjaringan data guru serta data tenaga kependidikan melalui SIMPATIKA Online Kemenag.

Baca Juga : Tips Sukses Mengerjakan Pendataan EMIS Pendis Ala Majority

Jika Sekolah dibawah kelola Kemendiknas setelah ditutupnya Aplikasi Padamu Negeri maka melakukan penjaringan data hanya melalui satu pintu DAPODIK. Namun berbeda dengan Madrasah dibawah naungan Kemenag, selain harus input data di EMIS Pendis dan juga melakukan penjaringan data PTK dan Siswa di Simpatika Online Kemeneg.

Semoga untuk kedepannya bagi Sekolah dibawah naungan Kemenag seperti RA, MI, MTs, dan MA melakukan penjaringan data PTK dan Siswa hanya dilakukan melalui satu pintu saja, yaitu EMIS Pendis. Tentu saja dengan banyaknya kewajiban Operator Madrasah dalam hal penjaringan data hal ini sangat menyita waktu.

Rekan guru dan operator madrasah yang berbahagia, Program, agenda, tugas operator madrasah pada semester 1 Tapel 2015/2016 sudah kita lalui, pada Periode Semester 2 TP. 2015/2016 ada beberapa program terbaru SIMPATIKA menanti sebagai persiapan agenda tugas sebagai operator madrasah dan PTK SIMPATIKA. Sebagaimana alfawzy lansir dari catatan akun facebook simpatika sebagai berikut:

Program-program Terbaru SIMPATIKA  Periode Semester 2 TP. 2015/2016

  1. Masa persiapan menjelang dibukanya periode Semester 2  TP. 2015/2016 dijadwalkan mulai 1 Februari 2016 hingga 30 Juni 2016.
  2. Informasi program-program terbaru SIMPATIKA yang akan diimplementasikan mulai 1 Februari 2016 hingga 30 Juni 2016, antara lain:
  • Cetak SKMT dan SKBK Online (basis Isian Jadwal Mengajar)
  • VerVal NRG lanjutan
  • VerVal Inpassing
  • Registrasi UKG periode 2016
  • Seleksi Sertifikasi Guru periode 2016
  • Penerbitan NPK (Nomor Pendidik Kemenag)
  • Pemetaan Kebutuhan Guru (Otomasi perhitungan kelebihan/kekurangan Guru Mapel basis Isian Jadwal Mengajar)

Tugas-tugas PTK SIMPATIKA

  • Kepada setiap PTK Kemenag mempersiapkan dokumen-dokumen terkait yang digunakan sebagai syarat berkas ajuan dari setiap program-program terbaru dimaksud.
  • Detil alur proses dari masing-masing program akan diterbitkan lebih lanjut dan dipublikasikan segera kepada PTK melalui Kanwil Kemenag Provinsi dan Kantor Kemenag Kab/Kota.

Selama bulan Januari 2016 seluruh proses eAdministrasi standar di SIMPATIKA tetap terbuka dan dapat diperoses harian, seperti: Mutasi Datang/Keluar, Pelaporan PTK Non Aktif, Registrasi PTK Baru, dan Update Biodata Portofolio PTK.

Demikian Program-program Terbaru SIMPATIKA  Periode Semester 2 TP. 2015/2016 dan tugas-tugas operator madrasah simpatika semoga bermanfaat bagi anda. Selamat bekerja.