Proposal Penelitian Pengaruh Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah (Konsumen) di Bank Muamalat

Download Proposal Penelitian Pengaruh Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah (Konsumen) di Bank Muamalat – Proposal Penelitian Program Studi Ekonomi Syari’ah, Pengaruh Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah (Konsumen) di Bank Muamalat

Pengertian Pelayanan Customer Service, Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pelayanan berasal dari kata “layan” yang artinya membantu menyiapkan (mengurus) apa-apa yang diperlukan seseorang. Jadi, kata “pelayanan adalah 1. Perihal atau cara melayani, 2. Usaha melayani kebutuhan orang lain dengan memperoleh imbalan, 3. Kemudahan yang diberikan sehubungan dengan jual beli barang atau jasa[1].

Dari pengertian diatas, pengertian pelayanan Customer Service secara operasional adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh Custamer Service untuk melayani atau memberi kepuasan terhadap nasabah melingkupi penjelasan yang mudah dimengerti tentang produk bank, antusias dalam menerima keluhan nasabah dan senantiasa tersenyum terhadap nasabah.

Pengertian Kepuasan Nasabah (Konsumen), Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kepuasan berasal dari kata “puas” yang artinya merasa senang. Adapun arti kepuasan adalah perihal yang bersifat puas, kesenangan dan kelegaan[2]

Dalam literatur lain disebutkan bahwa kepuasan Nasabah (konsumen) adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja yang di rasakan dengan harapannya[3].

Dari pemaparan diatas, definisi operasional dari kepuasan adalah rasa senang atau puas yang dimiliki oleh nasabah setelah keinginannya tercapai. Kepuasan tersebut melingkupi; rasa senang nasabah (konsumen) terhadap pelayanan customer service, rasa lega karena segala keluhannya dapat di tangani dengan baik.

Selengkapnya Download disini Proposal Penelitian Pengaruh Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah (Konsumen) di Bank Muamalat