Skenario Pembelajaran IPA

NASKAH SKENARIO PEMBELAJARAN IPA

Judul : Sistem Peredaran Darah pada Manusia
Sasaran : Siswa SD kelas V semester I
Durasi : 2 Jam Pelajaran ( 2×35 menit )
Metode : Ceramah, Demonstrasi, Diskusi, dan Tanya Jawab.
Model : Kooperatif

A. Pengantar
Siswa SD kelas V semester I diharapkan sudah memiliki dan menguasai materi tentang sistem peredaran darah pada manusia dan alat peredaran darah pada manusia. Kemampuan tersebut antara lain melalui proses pengalaman belajar dengan membaca buku mata pelajaran IPA. Dengan adanya pembelajaran tentang Sistem Peredaran Darah pada Manusia ini, diharapkan siswa sudah mampu memahami materi yang disamapaikan.
B. Sinopsis
Penyajian ini diawali dengan memberikan apresepsi mengenai peredaran darah pada manusia. Sehingga siswa terpancing untuk mengetahui lebih lanjut tentang perdaran darah pada manusia. Pemutaran video pembelajaran membuat kegiatan pembelajaran menjadi semakin menarik. Pembentukkan kelompok belajar diskusi membuat siswa menjadi semakin aktif. Sehingga terciptalah tanya jawab. Hingga akhirnya setelah pembelajaran ini siswa dapat memahami sistem peredaran darah pada manusia.
C. Setting
Ruang kelas : Terdiri dari meja dan kursi guru, meja dan kursi siswa, LCD proyektor, dan papan tulis
D. Properti
– Media pembelajaran ( video pembelajaran ).
– Speaker untuk audio
– LCD untuk visual
E. Talent
Guru dan siswa-siswanya.
F. Naskah
1. Guru memasuki ruangan kelas
2. Guru mengucapkan salam
3. Siswa-siswi berdiri dan menjawab salah
4. Guru mempersilahkan siswa-siswinya untuk duduk kembali dan guru menunjuk seorang siswa untuk memimpin doa.
5. Siswa-siswi mulai berdoa
6. Setelah selesai berdoa, guru mempresensi siswa-siswi
7. Guru memulai pembelajaran
Guru : “ Bagaimana kabar kalian hari ini ? ”
Siswa : “ Baik bu guruuuuu!”
Guru : “ Anak-anak, senang sekali ya hari ini kita dapat berjumpa kembali di Mata Pelajaran IPA ini .”
Guru memperlihatkan gambar jantung.
Guru : “ Anak-anak kalian tahu tidak ini gambar apa ?’’
Siswa : “ Gambar jantung…. Gambar hatiiii,,,,gambar paru-paru…”, jawab siswa-siswi saling bersautan.
Guru : “ Iya,,,sudah-sudah !!! coba salah satu menjawab !”, kata bu guru menghentikan kegaduhan.
Siswa : “ Gambar jantung bu !!”, teriak salah satu siswa.
Guru : “ Iya, benar… ini gambar jantung. Lalu siapa yang tahu fungsi dari jantung dalam tubuh kita ?”
Siswa : “ Fungsinya apa yaaaaa ? ” ( Siswa saling bertanya satu sama lain)
“ Bu guru,,, kami tidak tahuuuuuuuu ”
Guru : “ Hmmm,,,kalau begitu, mari kita pelajari fungsi dari jantung dan organ tubuh yang lain yang termasuk alat peredaran darah manusia.’’
Guru menyampaikan materi secara singkat tentang darah, fungsi darah, dan pembagian darah.
Guru : “ Bagaimana anak-anak sudah paham ? agar lebih paham Ibu akan memperlihatkan video tentang darah, tolong di perhatikan dan identifikasi fungsi sel-sel darah ya ?”
Siswa : “ Iya bu gurruuuuuuuu”.
 8. Guru memperlihatkan media (video ) pembelajaran mengenai fungsi sel-sel darah.
(Siswa memperhatikan video dan mengidentifikasi fungsi sel-sel darah )
9. Guru membagi membagi kelas dalam beberapa kelompok
Guru : “ Anak-anak, ada yang tahu apa saja alat peredaran darah pada manusia dan apa fungsi dari masing-masing alat tersebut? Ayo, diskusikan bersama kelompok yang sudah di bentuk.”
Siwa : “ Iya buuuuu.”
Guru mendampingi siswa.
Guru mengamati proses berlangsungnya diskusi dan mengamati keaktifan siswa.
10. Guru meminta siswa untuk menyampaikan hasil diskusi dari perwakilan masing-masing kelompok.
Guru : “ Ayo,,salah satu anak dari setiap kelompok maju ke depan untuk menyampaikan hasil diskusi kalian ?’’
11. Perwakilan masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi.
Setiap kelompok telah menyampaikan hasil diskusi kemudian guru memberikan applause dan pujian.
Guru : “ Proookk,prrokkk,,prookkk !!!! Ibu banga dengan kalian, kalian sudah bisa menyebutkan alat peredaran darah pada manusia ? semua hasil diskusinya sudah benar. ”
12. Guru menyimpulkan hasil diskusi.
Guru : “ Jadi, kesimpulannya alat peredaran darah pada manusia adalah jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Fungsi jantung yakni memompa darah ke seluruh tubuh, fungsi pembuluh darah yakni tempat mengalirnya darah dari seluruh tubuh menuju jantung/ sebaliknya, dan fungsi dari paru-paru yakni tempat dimana darah melepaskan CO2 dan mengikat O2 . Ada yang belum paham ?
( Siswa memperhatikan penjelasan guru dan bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami )
Siswa : “ Bu, bagaimana cara merawat alat peredaran darah?
Guru : “ Hmmm,,,pertanyaan yang bagus nak J ”
“ Cara merawat alat peredaran darah bisa dengan olahraga teratur, makan makanan yang bergizi, tidak merokok, dan tidak minum minuman berakohol. Baagaimana? Sudah jelas ?”
Siswa : “ Iya bu .”
13. Guru menutup pertemuan hari ini
Guru : “ Anak-anak jangan berhenti untuk belajar dan rajin membaca buku ya, agar kalian lebih bisa menguasai materi yang Ibu sampaikan”.
“ Pembelajaran hari ini cukup sampai di sini ya, untuk menutup kegiatan pembelajaran hari ini, mari kita membaca Hamdallah bersama.”
Guru dan siswa : “ Alhamdulillah ”.
Guru : “ Wassalamualaikum wr. Wb
Siswa : “ Waalaikumsalam wr. wb