Tips Sukses Mengerjakan Pendataan EMIS Pendis Ala Majority

emis pendis

Emis merupakan pendataan yang digunakan pada sekolah/lembaga dibawah naungan kemenag, Emis merupakan singkatan dari Education Management Information System sebagai pusat pendataan pendidikan Islam satu pintu sangat berperan dalam menunjang proses perencanaan dan pengambilan kebijakan program Pendis.

Mungkin hanya sebagian guru yang mengetahui hal ini kecuali operator madrasah, sebagai seorang operator tentunya akan mengetahui apa itu emis dan apa saja yang akan dilakukan pada emis itu sendiri. Beberapa hal yang perlu diketahui apa yang dibutuhkan dalam melakukan pendataan melalui emis.

  1. Data lembaga, data siswa, data personal, dan data lulusan. Semua data yang dibutuhkan harus dipersiapkan terlebih dahulu, dan lebih lebih data siswa. Pada pendataan siswa ada beberapa berkas penting yang dibutuhkan, mulai dari KK (kartu keluarga), SKHUN, Ijazah hal tersebut harus dipersiapkan terlebih dahulu.
  2. Unduh aplikasi dan format excel pendataan di situs emis pendis atau yang didapat dari operator kemenag masing-masing. Dan sering-sering cek akun pendis kemungkinan ada tambahan pada aplikasi seperti patch
  3. Ikutilah petunjuk dan prosedur pengisian data pada file excel dengan teliti.
  4. File excel yang sudah diisi data dan valid kemudian diupload pada aplikasi emis dan kemudian backup. Upload data siswa pada aplikasi emis mungkin akan membutuhkan waktu yang lama bagi lembaga yang memiliki siswa banyak apalagi sampai 200-500 siswa lebih, cara mengatasinya dengan membagi file excel data siswa. Sebagai contoh buatlah file excel data siswa menjadi 3 file dengan cara copy paste filenya, misalnya masing-masing file excel diberi nama data siswa 1, data siswa 2, dan data siswa 3. Data siswa 1 khusus data siswa kelas 1 begitu seterusnya. Kemudian upload satu-persatu.format excel emis
  5. Ketahuilah update penjadwalan upload emis dan perkembangan informasi dengan bergabung dengan beberapa grup facebook akun operator madrasah atau beberapa grup operator lainnya. Upload hasil back up tadi tanpa menunggu waktu lagi dan lakukan sesuai jadwal yang sudah ditentukan,
  6. Setelah upload ikutilah perkembangan selanjutnya dengan menanyakan atau menunggu informasi upload emis sampai ada informasi jika upload emis sukses 100%. Jika belum tuntas 100% ikutilah petunjuk operator kemenag masing-masing melalui prosedur yang benar.

Emis merupakan hal penting dan tidak bisa dianggap enteng, memang selalu ada masalah dan kendala dalam mengerjakan pendataan emis, mulai dari server ngadat, lemot dan sebagainya, akan tetapi jika anda mengikuti hal tersebut dengan benar dan sabar, itu akan berhasil.