Tips Supaya Blog Ramai Oleh Pengunjung

Apakah blog anda sepi pengunjung ? ataukah blog anda ramai oleh pengunjung ? memiliki blog yang ramai oleh pengunjung merupakan keistimewaan tersendiri bagi pemilik blog, bagaimana dengan blog yang sepi oleh pengunjung ? tentunya menjadi sedikit problema bagi kita ketika blog kita sepi dan tanpa jejak sedikitpun dari pengunjung.

trafik-blog-turun
statistik blog turun

Ada hal yang menarik ketika blog kita ramai oleh pengunjung mungkin kita akan berpendapat bahwa blog kita sangatlah berguna bagi pengunjung, tentulah anda akan berpikir demikian karna alasan utamanya adalah ketika blog kita dikunjungi otomatis pengunjung datang karna ada hal yang menarik atau sesuatu yang dicari ada pada blog kita.

Selain itu ada beberapa hal yang harus kita perhatikan pada blog kita Supaya Blog Lebih Menarik Untuk di Kunjungi, diantaranya :

Design Blog

Pakailah template yang rapi dan ramah bagi para pengunjung, pemakaian template yang tidak sesuai akan mengakibatkan loading yang berat dan membuat pengunjung menunggu, hasilnya blog kita tidak akan lagi dikunjungi, gunakanlah widget/gadget seperlunya saja, hal ini juga mempengaruhi loading blog buanglah widget yang tidak berguna sama sekali bagi pengunjung, pasanglah widget artikel terkait, recent post, popular post dan semacamnya, jangan memasang gambar yang berlebihan, dan buatlah daftar isi dan menu pada blog anda.

Content

Content atau entri hal inilah yang harus lebih diperhatikan, blog kita dikunjungi karna content atau entri yang menarik pada blog kita, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan pada content atau postingan blog anda :

Buatlah entri yang menarik, aktual, uptodate, dan memiliki referensi/sumber yang jelas, ketika anda membuat suatu postingan usahakan benar-benar menarik untuk dibaca dan memiliki ketepatan waktu alias bukan postingan yang jadul, jika memungkinkan berilah referensi/sumber pada postingan anda entah itu dari buku, majalah ataupun alamat blog dimana anda mengutipnya, pakailah tanda baca yang tepat ketika menulis dan usahakan susunan yang rapi dan jelas, gunakanlah font yang terang, ukuran font, spasi dan jarak baris yang tepat dengan kata lain enak ketika dibaca, dan jika memungkinkan pasanglah gambar ilustrasi pada postingan anda.

Pasanglah tombol share social network, yaitu memungkinkan pengunjung blog untuk share artikel kita pada akun social pengunjung, contohnya dengan memanfaatkan widget addthis dan tombol like and send facebook seperti yang ada pada blog ini.

Pasanglah label dan artikel terkait, didalam membuat postingan tentukanlah label/category pada postingan anda, dan juga pasanglah artikel terkait berada dibawah postingan contohnya dengan memanfaatkan widget linkwithin yang disertai thumbnail atau memasang artikel terkait berdasarkan label/category dengan thumnail ataupun tidak.

Dalam membuat postingan pasanglah kotak komentar dibawahnya, jika anda ingin memasang kotak komentar facebook pasanglah kotak komentar Facebook yang berdampingan dengan kotak komentar blog, jangan menggunakan kode verifikasi dan moderasi pada kotak komentar anda, hal ini akan memberi keleluasaan bagi pengunjung untuk mengkritik dan memberi saran pada postingan anda.

Sosial Media

Bagikanlah halaman blog anda di social media baik di fb atau twitter dan yang lainnya, untuk di fb anda bisa memanfaatkan grup dan yang lainnya atau anda bisa menggunakan autopost dari dlrvt