Tiup dulu, baru bisa terbang

Pesawat_kertasCeloteh anak 90’an, pernahkah kamu main pesawat kertas, jika iya berarti masa kecil kamu sangat bahagia, saya jadi ingat ketika jaman sekolah dasar dulu, buku tulis hanya dijadikan mainan untuk dibuat pesawat kertas, bersama teman seperjuangan yang rata-rata ingusan itu hehe, berlomba membuat pesawat kertas yang terbangnya lebih keren.

Kalau jaman dulu pesawat kertas yang terbangnya datar dan bisa jungkir balik itulah pesawat kertas yang keren, tapi anehnya ada trik-trik khusus yang menurut saya cukup membuat anak 90’an tertarik tuk merenungkannya kembali, ya, salah satunya adalah sebelum pesawat kertas diterbangkan ditiup dulu di bagian bawah sayap, haha, layaknya seorang dukun yang habis baca mantra itu, wal hasil terbangnya juga cukup bagus kadang-kadang juga melenceng, kok bisa ya?

Sebenarnya menurut saya pesawat kertas yang terbangnya keren tergantung dari cara pembuatannya, saya pun punya trik khusus bagaimana membuat pesawat kertas bisa terbang bagus. Pesawat kertas sayapnya tidak boleh terlalu lebar untuk menjaga kecepatan dan keseimbangan saat dilepaskan, selain itu tergantung pula pada ketenangan sang pemiliknya, dan itulah kenapa pesawat kertas ditiup dulu baru bisa terbang artinya ketenangan saat melepaskannya atau melemparnya ke udara.

Dan sampai sekarang pun trik tiup dulu baru bisa terbang masih ada sampai sekarang, termasuk yang dilakukan oleh anak saya. Serunya anak 90’an banyak hal kreatif yang diciptakan tanpa layar digital. Berbeda dengan sekarang jaman serba canggih, mainan beralih ke layar bercahaya, salah satunya adalah smartphone.