Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Halaman 190, 191 Kegiatan 7.6 Bagian A dan B

Posted on

Selamat datang Sob di Fazan.web.id. Hari ini kita akan mengupas tentang Soal dan Jawabannya
yaitu Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Halaman 190, 191 Kegiatan 7.6 Bagian A dan B.
Studi tentang soal seperti ini memang membutuhkan dukungan besar, lebih-lebih buat kamu siswa yang sedang menempuh sekolah. Diharapkan kalian tetap semangat memperoleh ilmu yang bermanfaat, supaya masa depan tambah sukses. Dengan memahami kisi-kisi kunci jawaban dan contoh pelajaran, insya Allah akan mengasah pengetahuanmu lebih maju lagi. Inilah ini jenis soal yang menjadi jawaban kamu:

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Halaman 190, 191 Kegiatan 7.6 Bagian A dan B

Sosiologi Info – Berikut pembahasan tentang Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Halaman 190, 191 Kegiatan 7.6 Bagian A dan B.

Inilah kunci jawaban buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Edisi revisi 2017 Kelas 8 SMP/MTs. Mari simak penjelasan dan pembahasan yang tertera di bawah ini dengan saksama ya adik-adik. 

Seperti yang dilansir dari buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Edisi revisi 2017 kelas 8 SMP/MTs. 

Buku ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan Penyelia Penerbitan yaitu Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Pada tahun 2017. 

Tentunya sebelum adik-adik melihat jawaban alternatif yang telah disajikan oleh tim redaksi, disarankan bagi adik-adik untuk menjawab soal sesuai pemahaman adik-adik sekalian ya. 

Jawablah tugas tersebut berdasarkan kadar kemampuan adik-adik sekalian. Lalu, setelah adik-adik berhasil menjawab soal tersebut. 

Boleh, adik-adik sekalian menambahkan alternatif jawaban sebagai referensi atau adik-adik dapat membandingkan hasil jawaban adik-adik dengan alternatif jawaban. 

Perlu diingat ya adik-adik, jika jawaban alternatif yang disajikan ini hanya untuk menambah pengetahuan dan wawasan adik-adik dalam pembelajaran. 

Sehingga, adik-adik bisa mengambil apa yang kurang dalam pembelajaran sehingga pemahaman adik-adik semakin bagus. 

Jawaban ini tentu saja tidak benar 100 persen, sehingga disarankan bagi adik-adik untuk mencari jawaban yang relevan. 

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Halaman 190, 191 Kegiatan 7.6 Bagian A dan B

Berikut soal dan jawabanya: 

Bagian A. 

1. Amatilah kembali teks yang berkenaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda di depan secara berkelompok. 

2. Buktikan aspek kebahasaannya bahwa teks tersebut tergolong ke dalam jenis teks persuasi!

3. Catatlah aspek-aspek kebahasaannya itu ke dalam teks berikut! 

4. Kemudian, rumuskanlah simpulanmu tentang ciri teks tersebut berdasarkan aspek-aspek kebahasaannya itu! 

Aspek kebahasaan 

a. Bujukan, ajakan 

hasil pengamatan : Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan ataupun terlena dalam menekuni kepentingan pribadi. 

Rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan berbagai amal kebajikan, terutama dengan mengajak semua generasi muda Indonesia untuk lebih giat beribadah kepada Allah sesuai dengan bidang masing-masing. 

b. pendapat 

hasil pengamatan : Persatuan bangsa diibaratkan sebuah gedung. Satu per satu bagiannya saling mengait sehingga menjadikan gedung itu kukuh. 

Dari modal persatuan itulah kemudian bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaannya yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945

Dalam menyambut hari sumpah pemuda, kamu harus mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. 

Salah satu hikmahnya yang sangat penting adalah semangat persatuan. 

Suatu hari yang sangat bersejarah 

c. fakta 

hasil pengamatan : 

Sekarang ini bangsa Indonesia ada di dalam suasana memperingati Hari Sumpah pemuda, yang jatuh pada setiap tanggal 28 Oktober. 

Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan “Sumpah Pemuda”

d. kata teknis (istilah)

hasil pengamatan :  Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan “Sumpah Pemuda”

e. konjungsi kausalitas

hasil pengamatan :  Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memporak-porandakan kehidupan bangsa. 

Begitu juga bangsa kita hendaklah demikian sehingga dalam mengikuti derap langkah pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. 

f. kata kerja mental

hasil pengamatan :  memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober. 

Telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar

Dalam menyambut hari sumpah pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah

ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda

meskipun memakan waktu yang agak lama

sesungguhnya menghidupkan semangat persatuan dan kekompakan 

g. kata perujukan 

hasil pengamatan : rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan amal kebajikan. 

Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan ataupun terlena dalam menekuni kepentingan pribadi. 

Bangsa indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama. 

simpulan 

hasil pengamatan : demikianlah, semoga semangat persatuan yang tercermin dalam sumpah pemuda tetap dapat kita warisi untuk dijadikan moda perjuangan membela bangsa dan negara. 

Bagian B.

 1. Bacalah teks persuasi dari sumber lain! 

2. Secara berkelompok, lakukanlah penelaahan terhadap kaidah kebahasaan teks tersebut! 

a. Bagaimanakah kaidah-kaidah kebahasaan yang dominan di dalam teks tersebut?  

Jawabannya : kalimat ajakan, pendapat, fakta, konjungsi kausalitas, kata kerja mental, dan kata rujukan serta simpulan 

b. Apakah kaidah-kaidahnya itu sama dengan yang ada pada teks persuasi berjudul “Internet dan HAKI?

Jawabannya : sama  

Judul teks : ajak siswa gemar membaca sejak dini, sd al firdaus buat program reading is fun

Sumber : https://solo.tribunnews.com/2022/09/21/ajak-siswa-gemar-membaca-sejak-dini-sd-al-firdaus-buat-program-reading-is-fun 

Hasil penelaahan 

Penelaahan (a) : Bagus, terdapat banyak sekali ajakan dalam hal positif. Tentu banyak sekali orang yang akan mengikuti arah penulis ini. 

Penelaahan (b) : Menarik, banyak sekali fakta dan pendapat yang sesuai dengan kehidupan sekarang. Tentu sekali, banyak orang yang akan berada di jalan yang benar. 

3. Presentasikan pendapat kelompok itu di depan kelompok lainnya untuk mendapatkan tanggapan-tanggapan berdasarkan kelengkapan, ketepatan, dan kejelasan penyampaiannya. 

Kelompok a 

Aspek yang ditanggapi : 

1. kelengkapan 

Isi tanggapan : sudah lengkap, unsur-unsur teks persuasi sudah ada 

2. ketepatan  

Isi tanggapan : semua fakta tepat dan tidak sesuai opini penulis

3. kejelasan 

Isi tanggapan : pendapat penulis dijelaskan secara gamblang dengan tulisan yang singkat, jelas, dan padat sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isi teks 

Kelompok b

Aspek yang ditanggapi : 

1. kelengkapan 

Isi tanggapan : semua unsur teks persuasi terpenuhi. Sesuai dengan kaidah kebahasaannya juga 

2. ketepatan  

Isi tanggapan : sudah tepat, tidak ada unsur-unsur yang keliru dalam menuliskan teks persuasi. 

3. kejelasan 

Isi tanggapan : tulisan yang jelas, tidak terlalu bertele-tele sehingga menarik untuk dibaca 

Nah itu lah jawaban dari Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Halaman 190-191 Kegiatan 7.6 

Sebagaimana dilansir dari buku buku Bahasa Indonesia Untuk kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013, edisi revisi tahun 2017. 

Buku ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan Penyelia Penerbitan yaitu Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Pada tahun 2017. 

Disclaimer : 

1. Jawaban di atas bukan merupakan kunci jawaban yang kebenarannya mutlak 100 persen. 

2. Silakan adik-adik mencari jawaban relevan lainnya sesuai pertanyaan tugas yang diberikan tersebut. 

3. Tambahkan lagi referensi bacaan supaya memperluas pemahaman adik-adik dalam proses belajar. 

4. Silakan adik-adik mengembangkan jawaban untuk memperkuat argumen terkait jawaban yang dibutuhkan. 

Demikian pembahasan contoh materi yang semoga bermanfaat dan penting untuk kalian ketahui, mudah kan? Terus kuatkan motivasi untuk belajar mulai dari sekarang. Ingatlah, kesuksesan tergantung dari perbuatan kamu, bukan disebabkan uang atau keturunan. Terus kunjungi website ini, untuk mempelajari aneka macam tipe soal yang akan menjadikan kalian semakin mengerti. Sayonara dan salam bahagia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *