Kunci Jawaban Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas 10 SMA Halaman 162 Tabel 6.2 Perbedaan Kedua Teks

Posted on

Welcome Gaes di Fazan.web.id. Hari ini kita akan membahas tentang Pembahasan Soal
yakni Kunci Jawaban Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas 10 SMA Halaman 162 Tabel 6.2 Perbedaan Kedua Teks.
Belajar tentang soal seperti begini memang perlu motivasi kuat, apalagi buat Anda murid yang sedang menjalani pendidikan. Semoga kalian tetap bersemangat meraih ilmu yang bermanfaat, agar supaya masa depan makin cerah. Dengan memahami kisi-kisi kunci jawaban dan contoh pelajaran, insya Allah akan mengasah pikiran Anda lebih maju lagi. Inilah ini tipe soal yang menjadi pertanyaan kalian:

Kunci Jawaban Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas 10 SMA Halaman 162 Tabel 6.2 Perbedaan Kedua Teks

Sosiologi Info – Berikut Kunci Jawaban Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas 10 SMA Halaman 162 Tabel 6.2 Perbedaan Kedua Teks.

Melansir dari buku pelajaran Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 10 SMA/SMK, cetakan pertama 2021. 

Dengan penulis buku oleh Fadillah Tri Aulia, Sefi Indra Gumilar. Diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Adik adik dalam pembahasan materi pembelajaran kali ini di BAB 6 Berkarya dan Berekspresi Melalui Puisi. 

Ada beberapa pembahasan yang dibagi menjadi beberapa sub bagian, mulai dari bagian A. Memahami Diksi dalam Teks Puisi yang Dibacakan.

Selanjutnya, bagian B. Memahami Teks Diskusi dan Menilai Efektivitas Diksi, Rima dan Tipografi dalam Teks Puisi.

Kemudian, bagian C. Mengidentifikasi tema dan suasana dalam teks puisi, bagian D. Menyajikan musikalisasi puisi secara kreatif.

Selanjutnya, bagian E. Menulis tanggapan terhadap antalogi puisi secara logis dan kritis, bagian F. Menyajikan pembacaan puisi dengan ekspresif dan kreatif.

Terakhir materi pembelajaran di bagian G. Jurnal membaca, dan bagian H. Refleksi. Nah itulah beberapa materi pembelajaran yang akan adik adik pelajari. 

Pada bab ini lah adik adik mempelajari secara mendalam teks puisi melalui berbagai aktivitas pembelajaran. 

Setelah melalui berbagai aktivitas pembelajaran tersebut, adik adik diharapkan mampu memahami, menganalisis, menilai, menanggapi dan membacakan puisi dengan baik. 

Memahami Pengertian dan Karakteristik Puisi

Puisi adalah merupakan salah satu karya sastra, selain prosa dan drama, sebagai sebuah karya sastra.

Puisi juga digunakan seseorang untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, dan perasaannya dalam bentuk kata kata yang indah. 

Kata kata dalam puisi cenderung bersifat kiasan. Puisi biasanya disampaikan dengan teknik figuratif untuk menciptakan suasana suasana.

Yang mampu menggugah imajinasi, perasaan, dan keindahan bagi pembacanya. Dalam puisi, kata kata dipilih sedemikian rupa secara selektif. 

Pemilihan kata tersebut mengguah imajinasi, perasaan dan keindahan bagi pembacanya. Dalam puisi kata kata dipilih sedemikian rupa secara selektif. 

Pemilihan kata tersebut bertujuan dapat memunculkan efek tertentu dan menampung makna yang menggambarkan pikiran, gagasan, dan perasaan penyair. 

Pemilihan kata kata atau diksi juga harus  mempertimbangkan irama, rima, larik, dan tipografi (bentuk) puisi. 

Oleh karena itulah unsur bahasa dalam puisi dianggap lebih padat jika dibandingkan dengan karya sastra lainnya.

Selanjutnya untuk mendukung pemahaman adik adik pada awal pembelajaran kali ini silahkan isi tabel berikut dibawah ini.

Namun sebelum adik adik membaca jawaban alternatif yang akan disajikan dibawah. Disarankan agar adik adik menjawab dengan kemampuan sendiri dulu soal tersebut.

Setelah sudah menjawab dengan kemampuan sendiri, barulah nantinya adik adik membandingkan jawaban adik adik dengan jawaban yang ada dibawah ini.

Perlu diingat bahwa jawaban yang disajikan oleh tim redaksi tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen.

Disarankan adik adik juga menambah bacaan dan mengeksplorasi jawaban relevan lainnya, agar mendapatkan pemahaman yang komprehensif juga. Mari simak.

Berikut soal dan jawabannya :

Sebelum menjawab soal pertanyaan dibawah ini baca dulu teks 1 dan teks 2 dari halaman 160-162 dengan seksama ya adik adik.

Tabel 6.2 Perbedaan Kedua Teks 

Kunci Jawaban Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas 10 SMA Halaman 162 Tabel 6.2 Perbedaan Kedua Teks

Nah itulah tadi pembahasan dan penjelasan mengenai soal pertanyaan yang ada di materi pembelajaran BAB 6, semoga dapat bermanfaat ya.

Demikian ulasan tentang Kunci Jawaban Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas 10 SMA Halaman 162 Tabel 6.2 Perbedaan Kedua Teks.

Melansir dari buku pelajaran Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 10 SMA/SMK, cetakan pertama 2021. 

Dengan penulis buku oleh Fadillah Tri Aulia, Sefi Indra Gumilar. Diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Perlu diingat bahwa jawaban yang disajikan oleh tim redaksi tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen.

Disarankan adik adik juga menambah bacaan dan mengeksplorasi jawaban relevan lainnya, agar mendapatkan pemahaman yang komprehensif juga

#Disclaimer :

1. Kunci jawaban diatas tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen

2. Silahkan adik adik mencari jawaban relevan lainnya

3. Jawaban alternatif di atas hanya sebagai tambahan referensi saja. 

Demikian beberapa contoh materi yang semoga bermanfaat dan penting untuk kamu fahami, gampang ya? Tetap perkuat semangat untuk berusaha semenjak dari sekarang. Ingat, sukses itu bergantung dari perbuatan kamu, bukan berdasarkan uang atau orang tua. Terus datangi situs ini, untuk melihat aneka macam macam soal yang akan menjadikan kamu semakin mengerti. Sayonara dan salam cerdas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *