Kunci Jawaban IPS Kelas 8 SMP Halaman 161, Aktivitas Individu Tabel 3.5 Kegiatan Ekspor – Impor yang Dilakukan Masyarakat

Posted on

Hai Gaes di Fazan.web.id. Dalam kesempatan ini kita akan mengupas tentang
yakni Kunci Jawaban IPS Kelas 8 SMP Halaman 161, Aktivitas Individu Tabel 3.5 Kegiatan Ekspor – Impor yang Dilakukan Masyarakat.
Studi tentang contoh soal kayak ini tentu memerlukan dukungan besar, apalagi buat kalian siswa yang sedang menjalani sekolah. Semoga Anda tetap semangat meraih pengetahuan yang berguna, agar masa depan makin sukses. Dengan memahami kisi-kisi soal dan contoh pelajaran, insya Allah akan menambah mengerti pengetahuanmu lebih maju lagi. Berikut ini jenis soal yang menjadi pertanyaan kalian:

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 SMP Halaman 161, Aktivitas Individu Tabel 3.5 Kegiatan Ekspor - Impor yang Dilakukan Masyarakat

Sosiologi Info – Berikut ini pembahasan Kunci Jawaban IPS Kelas 8 SMP Halaman 161, Aktivitas Individu Tabel 3.5 Kegiatan Ekspor – Impor yang Dilakukan Masyarakat.

Mengutip dari buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) edisi revisi 2017 untuk kelas 8 SMP/MTs, cetakan ke 2. 

Dengan kontributor oleh Mukminan, Endang Mulyani, M Nursa’ban, dan Supardi. Adapun penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendibud RI. 

Pada materi pembelajaran buku IPS untuk kelas VIII SMP/MTs ini ada empat bab. Namun, pada kesempatan kali ini kita hanya membahas dibagian materi semester 2 saja.

Dimana materi pembelajarannya ada di bagian BAB III Keunggulan dan Keterbatan Antarruang Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN. 

Adapun materi pembelajaran di BAB 3 ini dibagi menjadi bagian A. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian.

Kemudian, bagian B. Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau dan Perdagangan Internasional.

Selanjutnya bagian C. Penguatan Ekonomi dan Agrikultur di Indonesia, dan bagian D. Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan Nasional. 

Kemudian ada bagian tugas projek, rangkuman, uji kompetensi dan terakhir bagian refleksi. 

Namun, pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas materi di bagian B. Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau dan Perdagangan Internasional. 

Pada bagian B ini dibagi menjadi dua sub bagian pembahasan materi. Bagian 1 Perdagangan dan Perdagangan Antardaerah/Antarpulau, dan bagian 2 Perdagangan Antarnegara

Perlu adik adik ketahui bahwa dalam BAB 3 ini kalian akan mempelajari tentang keunggulan dan keterbatan antarruang dalam permintaan.

Penawaran, teknologi, dan pelaku ekonomi dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya di Indonesia dan ASEAN. 

Uraian materi pada bab ini meliputi keunggulan dan keterbatan antarruang, peran pelaku ekonomi, perdagangan antarpulau, dan perdagangan antarnegara.

Peningkatan ekonomi maritim dan agrikultur, serta pendistribusian kembali pendapatan nasional. Adapun tujuan pembelajaran dalam BAB 3 ini yaitu :

a. Menjelaskan keunggulan dan keterbatasan antarruang, serta peran pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian

b. Mendiskripsikan perdagangan antarpulau

c. Mendiskripsikan perdagangan antarnegara

d. Menganalisis model penguatan ekonomi maritim dan agrikultur

e. Menganalisis pendistribusian kembali pendapatan

Nah itulah beberapa penjelasan tentang pembelajaran dalam bab 3 kali ini untuk kelas 8 SMP mata pelajaran IPS.

Mari simak dibawah ini pembahasan kunci jawaban dari soal aktivitas kelompok yang ada di halaman 161, yuk baca dengan saksama.

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 SMP Halaman 161, Aktivitas Individu Tabel 3.5 Kegiatan Ekspor – Impor yang Dilakukan Masyarakat

Berikut ini soal dan jawabannya :

Sebelum menjawab soal dibawah ini coba kita sama sama memahami apa itu pengertian ekspor dan impor.

Ekspor adalah merupakan kegiatan yang menjual barang atau produk ke luar negeri. Ekspor dilakukan oleh seseorang atau badan. 

Pelaku ekspor ini disebut eksportir. Tujuan utama kegiatan ekspor adalah untuk memperoleh keuntungan.

Sedangkan impor adalah merupakan kegiatan membeli barang dari luar negeri. Seseorang atau badan yang melakukan impor disebut importir. 

Seorang importir membayar barang yang ia beli dengan mata uang asing. Importir dapat menukarkan uang rupiah mereka dengan mata uang asing di bank dalam negeri.

Aktivitas Individu

Tabel 3.5 Kegiatan Ekspor-Impor yang Dilakukan Masyarakat

No | Kegiatan | Ekspor | Impor

1. Pak Bani merupakan produsen baju seragam yang melayani penjualan sampai ke Malaysia | Ekspor

2. Perusahaan listrik Negara membeli beberapa komponen perlistrikan dari PT CBT dari Thailand | Impor

3. Beberapa pengrajin rotan dari Yogyakarta menjual produk mereka sampai ke Amerika, Australia, dan Jerman |Ekspor

4. Pabrik gula membutuhkan bahan campuran yang dibeli dari Vietnam | Impor

5. Pak Roni merupakan seorang penjual grosir alat kebersihan. Beliau membeli alat kebersihan tersebut dari Tiongkok | Impor

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban IPS Kelas 8 SMP Halaman 161, Aktivitas Individu Tabel 3.5 Kegiatan Ekspor – Impor yang Dilakukan Masyarakat.

Mengutip dari buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) edisi revisi 2017 untuk kelas 8 SMP/MTs, cetakan ke 2. 

Dengan kontributor oleh Mukminan, Endang Mulyani, M Nursa’ban, dan Supardi. Adapun penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendibud RI. 

#Disclaimer :

1. Kunci jawaban alternatif di atas tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen

2. Silahkan adik adik mencari jawaban relevan lainnya untuk dijadikan bahan referensi

3. Disarankan untuk adik adik mengeksplorasi jawaban lainnya agar mendapatkan pemahaman yang komprehensif lainnya.

Demikian penjelasan contoh kisi-kisi yang tentunya penting untuk Anda pahami, mudah ya? Terus perkuat semangat untuk studi mulai dari sekarang. Sadarilah, kesuksesan tergantung dari usaha kamu, bukan berdasarkan duit atau keturunan. Selali datangi website ini, untuk mempelajari beragam tipe soal yang akan membuat Anda semakin mengerti. Selamat tinggal dan salam cerdas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *