Kunci Jawaban PKN Kelas 10 SMA Halaman 196 Uji Pemahaman, Kurikulum Merdeka

Posted on

Welcome Sob di Fazan.web.id. Siang ini kita akan membicarakan tentang Soal dan Jawabannya
yakni Kunci Jawaban PKN Kelas 10 SMA Halaman 196 Uji Pemahaman, Kurikulum Merdeka.
Studi tentang contoh soal seperti gini memang membutuhkan dukungan besar, apalagi buat kamu murid yang sedang menempuh pendidikan. Diharapkan kalian tetap semangat meraih ilmu yang berguna, supaya masa depan makin cerah. Dengan mempelajari kisi-kisi soal dan contoh pelajaran, tentunya akan menambah mengerti pengetahuanmu lebih matang lagi. Inilah ini tipe soal yang menjadi pertanyaan kalian:

Kunci Jawaban PKN Kelas 10 SMA Halaman 196 Uji Pemahaman, Kurikulum Merdeka

Sosiologi Info – Berikut pembahasan Kunci Jawaban PKN Kelas 10 SMA Halaman 196 Uji Pemahaman, Kurikulum Merdeka.

Mari simak penjelasan dan pembahasannya yang tertera di bawah ini dengan saksama ya adik-adik. 

Seperti yang dilansir dari buku pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk kelas X SMA/SMK.

Dengan penyelia penerbitan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pusat Perbukuan tahun 2021.

Sebelum memperhatikan jawaban alternatif yang telah disajikan, tentunya disarankan untuk adik-adik terlebih dahulu menjawab soal tersebut sesuai pemahamannya.

Jawablah tugas tersebut sesuai kadar kemampuan adik-adik dahulu. Nah, setelah selesai menjawab soal tersebut.

Adik-adik bisa menambahkan atau membandingkan hasil jawaban apakah sudah menjurus kepada hal yang sama.

Perlu adik-adik ketahui bahwa jawaban alternatif yang disajikan ini hanya sebagai tambahan dalam pembelajaran. 

Jadi adik-adik bisa mengambil apa yang kurang dalam pembelajaran tersebut. Jawaban ini tentunya tidaklah mutlak.

Kunci Jawaban PKN Kelas 10 SMA Halaman 196 Uji Pemahaman, Kurikulum Merdeka

Berikut soal dan jawabannya :

Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian tentang unit ini, jawablah pertanyaan berikut:

a. Apa yang melatarbelakangi sengketa batas wilayah antara Indonesia dan Malaysia?

b. Jelaskan apa yang dimaksud dengan uti possidetis juris dalam hubungannya dengan sengketa batas wilayah antara Indonesia dan Malaysia? 

c. Jelaskan kesepakatan  patok batas wilayah Indonesia dan Malaysia dari masa penjajahan hingga kemerdekaan!

d. Jelaskan contoh perilaku baik dalam rangka memberi dukungan kepada pemerintah demi menyelesaikan sengketa batas wilayah!

Jawabannya yaitu:

a. Latar belakang dari sengketa antara Indonesia dan Malaysia terjadi karena adanya ketidakjelasan.

Garis perbatasan terkait Pulau Sipadan dan Ligitan yang telah dibuat oleh Negara Inggris dan juga Belanda.

b. Uti possidetis juris merupakan sutau Negara yang baru dapat mewarisi kekayaan dan wilayah dari Negara penguasa sebelumnya. 

Sehubungan dengan sengketa batas wilayah antara Indonesia dan Malaysia, Indonesia mewarisi wilayah dari Belanda, sedangkan Malaysia mewarisi wilayah dari Inggris. 

Ini adalah kebiasaan yang lumrah dan diakui secara internasional, dipraktikkan di banyak negara bekas jajahan.

c. Kesepakatan  patok batas wilayah Indonesia dan Malaysia dari masa penjajahan hingga kemerdekaan:

1) Konvensi Belanda-Inggris pada tahun 1891 : Perjanjian penetapan batas wilayah antara Belanda dan Inggris ditandatangani di London pada tanggal 20 Juni 1891.

2) Kesepakatan Belanda-Inggris pada tahun 1915: Pada tanggal 28 September 1915, Belanda dan Inggris sepakat di Kalimantan atas hasil laporan bersama yang menegaskan batas-batas wilayah tersebut.

3) Konvensi Belanda-Inggris pada tahun 1928: Konvensi yang menetapkan batas wilayah antara kedua negara di wilayah Jagoi antara gunung raya dan gunung berapi tersebut, menjadi bagian dari perjanjian tahun 1891.

4) MoU Indonesia-Belanda tahun 1973: Berisi kesepakatan tentang pelaksanaan survei dan penegasan perbatasan Indonesia-Malaysia.

d. Contoh perilaku baik dalam rangka memberi dukungan kepada pemerintah demi menyelesaikan sengketa batas wilayah:

1) Memperjuangkan secara bersama kepentingan Negara dan juga keselamatan bangsa kita

2) Mengembangkan sumber daya manusia dan juga alam untuk kemakmuran bangsa kedepannya

Nah, itulah jawaban dari pertanyaan Kunci Jawaban PKN Kelas 10 SMA Halaman 196 Uji Pemahaman, Kurikulum Merdeka.

Seperti yang dilansir dari buku pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk kelas X SMA/SMK.

Dengan penyelia penerbitan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pusat Perbukuan tahun 2021.

Disclaimer :

1. Jawaban tersebut tidaklah menjadi kunci jawaban yang mutlak benar 100 persen

2. Silakan adik adik mencari jawaban relevan lainnya sesuai pertanyaan tugas tersebut

3. Tambahkan lagi referensi bacaan agar dapat memperkaya pemahaman adik-adik dalam proses belajar 

4. Silakan adik-adik menggembangkan jawaban agar lebih menguatkan argumen terkait jawaban yang dibutuhkan.

Itulah penjelasan contoh kunci jawaban yang semoga bermanfaat dan penting untuk Anda ketahui, gampang kan? Terus perkuat semangat untuk berusaha mulai dari saat ini. Sadarilah, sukses itu bergantung dari perbuatan kamu, bukan karena uang atau orang tua. Selali datangi website ini, untuk mempelajari beragam tipe soal yang akan membuat kamu semakin mengerti. Sayonara dan salam bahagia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *