Pengertian Tindakan Ekonomi dan Contohnya Terlengkap

Posted on

Hai Teman-teman di Fazan.web.id. Siang ini kita akan mengupas tentang Kunci Jawaban
yakni Pengertian Tindakan Ekonomi dan Contohnya Terlengkap.
Belajar melalui soal kayak ini tentu membutuhkan motivasi tinggi, apalagi bagi kamu murid yang sedang menjalani pendidikan. Diharapkan kamu tetap semangat memperoleh pengetahuan yang bermanfaat, agar masa depan tambah gemilang. Dengan mempelajari kisi-kisi kunci jawaban dan contoh pertanyaan, mudah-mudahan akan mengasah pengetahuanmu lebih matang lagi. Berikut ini jenis soal yang menjadi jawaban kamu:

Pembahasan kali ini adalah tentang pengertian tindakan ekonomi, contoh-contoh tindakan ekonomi, macam-macam tindakan ekonomi dan tujuan tindakan ekonomi.


Pengertian tindakan ekonomi

Tindakan ekonomi adalah Tindakan memilih sesuatu atau langkah yang paling baik dan paling bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Dengan kata lain, tindakan ekonomi adalah segala tindakan manusia yang dilandasi prinsip ekonomi dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.

Hal ini menyangkut tindakan yang rasional yang dapat dilakukan melalui skala prioritas, yaitu mendahulukan kebutuhan yang dianggap penting dan mendesak.

Pengertian Tindakan Ekonomi dan Contohnya Terlengkap
Gambar: Contoh Tindakan Ekonomi


Contoh-contoh tindakan ekonomi

Untuk memperjelas pengertian tindakan ekonomi, perhatikan contoh-contoh berikut ini.

Dua buah toko menjual barang dengan merek dan kualitas yang sama, tetapi dengan harga yang berbeda. Jika sekali waktu kamu ingin membeli barang tersebut, barang mana yang akan kamu pilih? Yang lebih murah, bukan? Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita harus melakukan pilihan-pilihan semacam itu.


Misalnya, ketika berangkat ke sekolah, mengapa kamu memilih naik angkot dan bukan taksi atau ojek? Untuk pergi ke pasar, mengapa kamu memilih jalur A yang lebih dekat daripada jalur
B yang lebih jauh? 

Kehidupan Ibu Dwi semakin hari semakin sulit karena himpitan ekonomi. Untuk mengurangi pengeluaran rumah tangganya, akhirnya Ibu Dwi memilih menggunakan kompor minyak tanah daripada kompor gas yang harga gas elpijinya semakin mahal.


Noval lebih mendahulukan menggunakan uangnya untuk membeli makanan daripada mainan. Menurutnya, mainan hanya untuk kesenangan sesaat saja, sedangkan makanan sebagai sumber energi dalam tubuh.


Fay adalah seorang mahasiswi di perguruan tinggi swasta. Ia memilih berjalan kaki untuk berangkat ke kampus sekalipun jaraknya lumayan jauh. Uang yang tadinya untuk ongkos angkot, ia tabung untuk membeli buku mata kuliah setiap awal tahun pelajaran.

Itu saja beberapa contoh kisi-kisi yang tentunya penting untuk kamu ketahui, mudah kan? Terus perkuat semangat untuk belajar mulai dari sekarang. Ingat, sukses itu bergantung dari semangat belajar kamu, bukan karena uang atau orang tua. Selali akses website ini, untuk melihat berbagai tipe soal yang akan menjadikan kalian semakin faham. Selamat tinggal dan salam bahagia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *