Setelah Indonesia Memproklamasikan Kemerdekaanya Pada 1945, Bagaimana Eksistensi Kebudayaan-Kebudayaan yang Sudah Ada Sebelumnya ?

Posted on

Hai Teman-teman di Fazan.web.id. Hari ini kita akan mengupas tentang Kunci Jawaban
yakni Setelah Indonesia Memproklamasikan Kemerdekaanya Pada 1945, Bagaimana Eksistensi Kebudayaan-Kebudayaan yang Sudah Ada Sebelumnya ?.
Studi tentang contoh soal seperti gini memang memerlukan spirit tinggi, lebih-lebih bagi Anda murid yang sedang menempuh pendidikan. Diharapkan kamu tetap semangat meraih ilmu yang berguna, agar supaya masa depan tambah gemilang. Dengan mengetahui kisi-kisi kunci jawaban dan contoh pertanyaan, tentunya akan mengasah pikiran Anda lebih matang lagi. Berikut ini tipe soal yang menjadi pertanyaan kalian:

Setelah Indonesia Memproklamasikan Kemerdekaanya Pada 1945, Bagaimana Eksistensi Kebudayaan-Kebudayaan yang Sudah Ada Sebelumnya ?

Sosiologi Info – Berikut pembahasan soal Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaanya pada 1945, bagaimana eksistensi kebudayaan-kebudayaan yang sudah ada sebelumnya?

Inilah penjelasan untuk Kunci Jawaban PKN Kelas 10  Halaman 141 Unit 3 Pertanyaan Kunci Kurikulum Merdeka.

Mari simak penjelasan dan pembahasannya yang tertera di bawah ini dengan saksama ya adik-adik. 

Seperti yang dilansir dari buku pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk kelas X SMA/SMK.

Dengan penyelia penerbitan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pusat Perbukuan tahun 2021.

Sebelum memperhatikan jawaban alternatif yang telah disajikan, tentunya disarankan untuk adik-adik terlebih dahulu menjawab soal tersebut sesuai pemahamannya.

Jawablah tugas tersebut sesuai kadar kemampuan adik-adik dahulu. Nah, setelah selesai menjawab soal tersebut.

Adik-adik bisa menambahkan atau membandingkan hasil jawaban apakah sudah menjurus kepada hal yang sama.

Perlu adik-adik ketahui bahwa jawaban alternatif yang disajikan ini hanya sebagai tambahan dalam pembelajaran. 

Jadi adik-adik bisa mengambil apa yang kurang dalam pembelajaran tersebut.

Jawaban ini tentunya tidaklah mutlak benar 100 persen, silakan adik-adik mencari jawaban yang relevan lainnya.

Pada kesempatan kali ini, adik-adik harus memahami terlebih dahulu bagian 3 ini terkait Bhineka Tunggal Ika.

Kita akan membahasnya di 5 Unit yang tersedia. Seperti yang kita ketahui, setiap orang atau kelompok selalu memiliki identitas. 

Dengan kata lain, identitas merupakan ciri khas yang menyatukan suatu kelompok atau individu. 

Identitas atau jati diri akan kita bahas pada bagian ini. Tidak hanya identitas, pada bagian ini juga akan dibahas keragaman atau kebhinekaan. 

Pembahasan kedua dimensi ini melibatkan kemampuan siswa untuk mengidentifikasi dampak keanggotaan terhadap identitas dan kemampuan mereka untuk menganalisis makna dan nilai keragaman.

Pada kompetensi ini, dengan bimbingan seorang guru, siswa akan mengidentifikasi berbagai identitas, baik individu maupun kelompok, dan bagaimana identitas tersebut terbentuk. 

Siswa juga diarahkan kemampuannya untuk menyadari kekayaan jati diri, bekerja antar budaya, dan bagaimana memaknai kekayaan tradisi yang mereka miliki.

Pada Unit 3 kita akan mempelajari materi kolaborasi antarbudaya di Indonesia. 

Di mana adik-adik harus bisa menjelaskan Indonesia sebagai sebuah Negara yang terbentuk dari keragaman budaya. 

Dari pembelajaran Unit 3 ini juga adik-adik diharapkan mampu mengidentifikasi bagaimana pentingnya melakukan kolaborasi budaya yang ada di Indonesia.

Mari simak dulu soal pertanyaan yang ada di unit 3 halaman 141 yang akan dibahas dalam kesempatan ini.

Kunci Jawaban PKN Kelas 10  Halaman 141 Unit 3 Pertanyaan Kunci Kurikulum Merdeka. Berikut soal dan jawabannya Pertanyaan kunci yang akan dikaji pada Unit 3 ini adalah:

Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaanya pada 1945, bagaimana eksistensi kebudayaan-kebudayaan yang sudah ada sebelumnya?

Jawabannya : 

Eksistensi kebudayaan Indonesia tentunya diakui dan dihargai oleh sistem ketatanegaraan suatu Negara. 

Hal ini juga diperkuat dengan pasal yang ada di Indonesia, seperti terdapat pada pasal 18 B ayat 2 UUD 1945 yang berbunyi :

Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya.

Sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip NKRI yang diatur dalam undang-undang. 

Jadi dapat disimpulkan bahwasanya eksistensi dari kebudayan-kebudayan tersebut akan tetap dihormati dan dijaga.

Nah, itulah jawaban dari pertanyaan Kunci Jawaban PKN Kelas 10  Halaman 141 Unit 3 Pertanyaan Kunci Kurikulum Merdeka.

Adapun soal pertanyaannya tentang Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaanya pada 1945, bagaimana eksistensi kebudayaan-kebudayaan yang sudah ada sebelumnya?

Seperti yang dilansir dari buku pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk kelas X SMA/SMK.

Dengan penyelia penerbitan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pusat Perbukuan tahun 2021.

Disclaimer :

1. Jawaban tersebut tidaklah menjadi kunci jawaban yang mutlak benar 100 persen

2. Silakan adik adik mencari jawaban relevan lainnya sesuai pertanyaan tugas tersebut

3. Tambahkan lagi referensi bacaan agar dapat memperkaya pemahaman adik-adik dalam proses belajar 

4. Silakan adik-adik menggembangkan jawaban agar lebih menguatkan argumen terkait jawaban yang dibutuhkan.

Begitulah pembahasan contoh kunci soal yang semoga bermanfaat dan penting untuk kalian mengerti, gampang kan? Terus kuatkan motivasi untuk berusaha mulai dari sekarang. Sadarlah, sukses itu tergantung dari semangat belajar kamu, bukan berdasarkan duit atau keturunan. Terus akses situs ini, untuk melihat aneka macam macam soal yang akan menjadikan Anda semakin faham. Sampai jumpa dan salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *